Advertisement

Jakarta Ditetapkan Menjadi Kota Sastra Dunia

Nancy Junita
Kamis, 11 November 2021 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jakarta Ditetapkan Menjadi Kota Sastra Dunia Suasana deretan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (23/3/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – UNESCO menetapkan Kota Jakarta sebagai Kota Sastra Dunia bersama dua kota lain yakni Kota Gothenburg di Swedia dan Vilnus di Lithuania, dikutip dari akun resmi @dkijakarta, Kamis (11/10/2021).

Dengan demikian, maka Jakarta masuk sebagai salah satu dari 49 kota lain di dunia yang tergabung dalam jaringan kota kreatif dunia (UNESCO’s Creative City Network) tahun 2021 dan menjadi satu-satunya kota di Indonesia.

Advertisement

Pemilihan ini berdasarkan kategori bahwa Jakarta sebagai kota telah memiliki sejarah panjang dan memiliki potensi besar untuk peningkatan dan pengembangan sastra dan literasi.

"Kami merasa sangat bangga atas pemilihan UNESCO. Sebagai sebuah kota, Jakarta harus dibangun secara berkelanjutan," ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Dengan pemilihan sebagai Kota Sastra Dunia, kami memastikan bahwa akar sejarah yang kuat ini akan terus kita jaga dan kembangkan di masa depan,” tambahnya.

Adapun 7 kategori sebagai kota kreatif versi UNESCO Creative Cities Networking (UCCN) adalah: kerajinan dan kesenian rakyat, kesenian media, musik, film, desain, gastronomi dan sastra.

Kini, total 295 kota dari 90 negara ikut berinvestasi dalam budaya dan kreativitas untuk memajukan pembangunan perkotaan berkelanjutan.

UCCN dibentuk pada tahun 2004 bertujuan mempromosikan kerja sama kota-kota di dunia untuk mengidentifikasi kreativitas sebagai faktor strategis untuk pembangunan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement