Advertisement

Jokowi Sodorkan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, DPR Segera Gelar Uji Kepatutan

Setyo Aji Harjanto
Rabu, 03 November 2021 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi Sodorkan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, DPR Segera Gelar Uji Kepatutan Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar Kesetiaan Pancasila dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Jumat (1/10 - 2021) / Youtube Sekretariat Presiden

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengajukan satu nama calon Panglima TNI yakni Jenderal TNI AD Andika Perkasa untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Pengajuan dilakukan melalui Surat Presiden (Surpres) kepada DPR.

"Presiden pada suratnya mengusulkan hanya satu nama calon untuk dapat persetujuannya dan karena itu melalui pak mensesneg presiden menyampaikan surpres mebgenai usulan calon panglima kepada DPR atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," kata Puan dalam konferensi pers daring, Rabu (3/11/2021).

Advertisement

Puan mengatakan pihak DPR akan menindaklanjuti usulan tersebut. Pihaknya akan mempersiapkan berbagai hal salah satunya melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada Andika.

Baca juga: Jokowi Serahkan Surpres, KSAD Jenderal Andika Perkasa Calon Kuat Panglima TNI?

"Tentu setelah melalui rapat pimpinan yang akan menugaskan salah satu alat kelengkapan dewan yakni komisi I DPR termasuk melamukan pembahasan dan fit and proper," kata Puan.

Setelah, itu, lanjut Puan, hasil fit and proper test akan dipaparkan dalam sidang Paripurna. Nantinya di sidang itu akan diketok palu untuk memberikan persetujuan hasil fit and proper test.

Diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November ini. Dengan demikian perlu adanya pengganti  Panglima yang berasal dari matra udara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement