Jokowi Serahkan Surpres, KSAD Jenderal Andika Perkasa Calon Kuat Panglima TNI?

KSAD Jenderal Andika Perkasa. - Biro Setpres
03 November 2021 12:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan mengakhiri masa tugasnya atau purnatugas pada akhir November 2021 ini. Sejumlah nama digadang-gadang menggantikan posisinya sebagai pimpinan tertinggi di tubuh TNI. Salah satunya KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Sebelumnya, santer beredar nama KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon kuat Panglima TNI. Karena jika sesuai urutan, maka kini matra laut yang ditunjuk sebagai Panglima TNI, setelah sebelumnya matra darat dan matra udara.

Selain itu, masa pensiun Laksamana Yudo Margono pada November 2023. Sedangkan Jenderal Andika Perkasa diketahui lahir pada 21 Desember 1964. Andika akan memasuki pensiun pada Desember 2022.

Hal ini merujuk pada Pasal 55 UU TNI Nomor 34 Tahun 2004. Salah satu poinnya yaitu, seorang prajurit diberhentikan dengan hormat dari dinas keprajuritan karena menjalani masa pensiun. Sedangkan ketentuan mengenai usia pensiun diatur di Pasal 71. a. Usia pensiun paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun bagi perwira dan 53 (lima puluh tiga) tahun bagi bintara dan tamtama, hanya berlaku bagi prajurit TNI yang pada tanggal undang-undang ini diundangkan belum dinyatakan pensiun dari dinas TNI.

Baca juga: Aturan Lengkap Syarat Perjalanan Baru dari Kemenhub untuk Semua Moda

Sementara pada hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan Surat Presiden (Surpres) ke pimpinan DPR terkait pencalonan pengganti Hadi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar membenarkan bahwa Presiden akan memberikan Surpres ke pimpinan DPR. "Iya benar siang ini akan diserahkan surpresnya," kata Indra kepada MNC Portal, Rabu (3/11/2021).

Setelah itu, Komisi I akan menggelar jumpa pers pergantian Panglima TNI siang ini, sekitar pukul 11.30 WIB di Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Jokowi Kirimkan Surpres, KSAD Jenderal Andika Perkasa Kandidat Kuat Panglima TNI". 

Sumber : Okezone