Advertisement

Jubir Presiden Sebut Potensi Penghalang Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kaltim

Aprianus Doni Tolok
Jum'at, 01 Oktober 2021 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Jubir Presiden Sebut Potensi Penghalang Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kaltim Fadjroel Rahman seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019) - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Juru bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman mengatakan pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur bisa terganjal beberapa kendala salah satunya yang muncul dari para pendukung kebiasaan lama.

"Halangan perubahan bisa muncul dari para pendukung kebiasaan lama, namun Bangsa Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dengan tulus ikhlas mengajak seluruh rakyat Indonesia bergotong-royong mengatasi masalah dan bergerak maju bersama-sama," kata Fadjroel dalam keterangan tertulis, Jumat (1/10/2021).

Advertisement

Lebih lanjut, Fadjroel menegaskan bahwa pemindahan IKN merupakan bentuk keberpihakan Presiden Jokowi terhadap pemerataan tatanan demokrasi hingga kesejahteraan ke seluruh wilayah Indonesia.

Menurutnya, di dalamnya terdapat perubahan kultur dan sistem yang mampu menjawab tantangan zaman dan pemerataan keadilan pembangunan alias Indonesiasentris.

Upaya ini kini sudah dibuktikan dengn langkah konkret yakni penyerahan Surat Presiden (Surpres) tentang RUU IKN kepada Ketua DPR RI Puan Maharani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pada Rabu lalu.

Usai menerima Supres RUU IKN dari Jokowi, Puan Maharani meminta agar sosialisasi secara komprehensif harus dilakukan dengan masif ke publik.

Sosialisasi tersebut mencakup manfaat pemindahan Ibu Kota Negara, dari sisi ekonomi, sosial dan efektivitas pemerintahan, termasuk tahapan-tahapan dan skema pembiayaannya.

“Kami akan melaksanakan proses tersebut melalui proses mekanisme yang ada pada waktu yang akan kami sepakati dalam Rapat pimpinan” kata Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement