PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Lagi, Ini 3 Strategi Pemerintah agar Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat melakukan konferensi pers evaluasi PPKM Darurat Jawa-Bali, Sabtu (17/7/2021). - zoom meeting
06 September 2021 20:17 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Covid-19 tidak bisa dihilangkan dalam waktu yang singkat.

“Bapak Presiden dalam rapat kabinet terbatas tadi siang menekankan bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu yang singkat dan kita perlu menyiapkan diri untuk hidup bersama Covid-19 karena akan berubah dari pandemi menjadi endemi,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (6/9/2021).

Pemerintah menyiapkan tiga strategi dalam mempercepat transisi pandemi menjadi endemi tersebut.

Tiga strategi tersebut adalah pemerataan vaksinasi secara cepat; testing, tracing, dan treatment (3T) yang masif; serta disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Sistem pedulilindungi yang kita gunakan saat ini akan menjadi integrator utama dari tiga strategi tersebut,” kata Luhut.

Untuk itu, Luhut terus mengimbau masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi pedulilindungi guna mendukung strategi pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Sumber : JIBI/Bisnis.com