Masa Jabatan Habis, Presiden Filipina Bakal Maju Jadi Wakil Presiden

Presiden Filipina Rodrigo Duterte - Antara/Reuters/Eloisa Lopez
24 Agustus 2021 17:37 WIB Nindya Aldila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan akan maju sebagai kandidat wakil presiden pada Pemilu 2022.

Dilansir Bloomberg pada Selasa (24/8/2021), Duterte menyetujui pencalonan dirinya setelah adanya “panggilan populer” dari partai PDP-Laban agar dia mengincar jabatan tertinggi kedua, kata partai itu dalam sebuah pernyataan Selasa.

Partai yang berkuasa tersebut akan melakukan sidang pada bulan depan. Mereka akan mencari kesinambungan dalam agenda ekonomi dan anti-narkoba yang sudah dijalankan pemerintah.

Mantan tangan kanan Duterte, Senator Christopher “Bong” Go menyatakan akan maju dalam bursa capres jika Presiden Filipina Duterte mau mendampinginya sebagai wakil presiden.

Go menghadapi persaingan ketat melawan Senator Manny Pacquiao, Wali Kota Manila Isko Moreno dan Wakil Presiden Leni Robredo.

Dia juga mengincar Sara Duterte dan mantan Senator Bongbong Marcos sebagai kandidat administrasi.

Minat Duterte terhadap kursi wakil presiden telah terlihat pada saat memberikan keterangan setelah rapat majelis partai pada Juli. Dia mengatakan dengan menjadi wakil presiden dapat memberikan perlindungan dari tuntutan hukum.

Sumber : JIBI/Bisnis.com