Jokowi Ibaratkan Krisis, Resesi, dan Pandemi Seperti Api

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI 2021 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin 16 Agustus 2021 / Youtube Sekretariat Presiden
16 Agustus 2021 14:07 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membacakan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI 2021. Jokowi mengatakan krisis, resesi, dan pandemi Covid-19 seperti api. 

"Krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api. Kalau bisa, kita hindari, tetapi jika hal itu tetap terjadi, banyak hal yang bisa kita pelajari," ujar Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI 2021, Senin (16/8/2021).

Presiden Jokowi menuturkan api memang membakar benda-beda di sekitarnya, tetapi memiliki manfaat sekaligus untuk menerangi. Jika terkendali, lanjut Jokowi, dia mampu menginspirasi dan memotivasi. Api menyakitkan, tetapi sekaligus juga menguatkan.

Jokowi ingin pandemi Covid-19 menerangi seluruh masyarakat Indonesia untuk mawas diri, memperbaiki diri, dan menguatkan diri, dalam menghadapi tantangan masa depan.

"Pandemi itu seperti kawah candradimuka yang menguji, yang mengajarkan, dan sekaligus mengasah. Pandemi memberikan beban yang berat kepada kita, beban yang penuh dengan risiko, dan memaksa kita untuk menghadapi dan mengelolanya," paparnya.

Presiden mengatakan semua pilar kehidupan Indonesia saat ini tengah diuji dan diasah, termasuk ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian, dan kecepatan kita.

Menurutnya, ujian dan asahan menjadi dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Bukan hanya beban yang diberikan kepada masyarakat Indonesia, tetapi kesempatan untuk memperbaiki
diri juga diajarkan.

"Ketika ujian itu terasa semakin berat, asahannya juga semakin meningkat. Itulah proses menjadi bangsa yang tahan banting, yang kokoh, dan yang mampu memenangkan gelanggang pertandingan," ucap Presiden.

Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2021 ini terbuka untuk umum yang diselenggarakan secara daring dan luring. Sidang ini dapat disaksikan di televisi nasional dan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Berdasarkan pantauan Bisnis melalui Twitter resmi Sekretariat Negara, Presiden Jokowi akan menyampaikan dua pidato. Pertama, Presiden Jokowi akan memberikan pidato dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR dan DPD RI 2021 pukul 08.30 WIB.

Kemudian, Presiden Jokowi akan memberikan pidato kedua pada pukul 10.30 WIB dalam rangka penyampaian RUU APBN tahun anggaran 2022 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com