Tren Kematian Pasien Covid-19 Isoman di Jakarta Mulai Turun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berbincang dengan Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati (kiri) saat meninjau area pemakaman khusus Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021). Anies Baswedan menyampaikan, pihaknya memakamkan jenazah dengan menggunakan protokol Covid-19 hingga mencapai 306 jenazah. ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
01 Agustus 2021 05:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaakan bahwa tren warga DKI Jakarta yang meninggal saat menjalani isolasi mandiri (isoman) mulai menurun.

Tren ini terjadi seiring dengan melandainya kasus aktif Covid-19 di Ibu Kota. Pada hari ini misalnya, kasus positif di DKI tercatat sebanyak 19.656.

"Tren fatalitas isoman saat ini menurun jadi kurang dari lima sehari, setelah sebelumnya pernah sampai 75 kematian sehari. Jadi, kita menyaksikan penurunan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies dilansir dari Antara, Sabtu (31/7/2021).

BACA JUGA : Anies Sebut Kasus Aktif Covid-19 Menurun, Sudah Tidak Ada 

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa saat ini warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di Jakarta sebanyak 26.961 orang, sementara yang dirawat di rumah sakit sebanyak 13.849 orang.

Memang rata-rata yang menjalani isolasi mandiri, kata Riza, adalah mereka yang tergolong orang tanpa gejala (OTG), namun dalam beberapa hari yang lalu sempat terjadi beberapa peningkatan yang cukup signifikan.

Akhirnya, kata Riza, setelah dilakukan evaluasi, pihaknya mengimbau yang melakukan isolasi mandiri tidak melakukannya di rumah, tetapi semaksimal mungkin melakukannya di tempat-tempat yang Pemprov DKI Jakarta siapkan.

"Terkecuali bagi yang betul-betul memenuhi syarat dan koordinasinya berjalan dengan baik dengan aparat, satgas dan Puskesmas di wilayahnya masing-masing," ujar Riza.

BACA JUGA : Jakarta Terancam Kolaps Jika Kasus Aktif Covid-19 Mencapai 

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendorong warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya pindah ke fasilitas isolasi yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Tentu kami mendorong agar mereka kalau mau, lebih aman pindah ke fasilitas yang disediakan Pemprov DKI Jakarta," kata Riza saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Rabu (28/7) malam.

Sumber : Antara