Bansos Tunai Rp600.000 Segera Cair! Login cekbansos.kemensos.go.id

Ilustrasi Bansos tunai (BST) Rp600 ribu yang bakal cair. Login cekbansos.kemensos.go.id/ Bisnis - Abdurachman
18 Juli 2021 23:57 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Sosial mencairkan bansos tunai (BST) senilai Rp600 ribu. Segera login ke cekbansos.kemensos.go.id untuk tahu penerima bansos. 

"Soal bansos saya minta jangan sampai terlambat. Baik PKH [program keluarga harapan], BLT [bantuan langsung tunai] Desa, dan BST [bantuan sosial tunai]. Jangan ada lagi yang terlambat. Yang paling penting bantuan sembako. Minggu ini harus keluar, percepat bener-bener percepat," ujar Presiden Jokowi saat Ratas Evaluasi PPKM Darurat di Istana Merdeka yang disiarkan melalui Youtube Sabtu (17/7/2021). 

Jokowi juga meminta Kepala Bulog Budi Waseso dan Menteri Sosial Tri Rismaharini agar jangan ragu untuk mencairkan bansos bagi masyarakat di tengah PPKM Darurat. 

"Prinsipnya yang paling penting kita ga nyuri, gak ngambil. Prosedurnya tolong dampingi BPKP termasuk dalam hal ini pemberian obat-obatan dan suplemen gratis," ucap Jokowi. 

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan masih ada warga yang melapor kepadanya belum menerima bantuan sosial atau bansos Covid-19. Padahal, pihaknya telah menyalurkan bansos tersebut sejak awal Juli 2021. 

“Kami sampaikan untuk PKH [Program Keluarga Harapan], BPNT [Bantuan Pangan Non-Tunai], dan BST [Bantuan Sosial Tunai] itu sudah mulai disalurkan sejak awal Juli, tetapi memang masih belum selesai karena ada kendala dan kemarin sempat ditahan,” katanya dalam konferensi pers pada Sabtu (17/7/2021). 

Risma menuturkan, penyaluran bantuan PKH dan BPNT atau Kartu Sembako dilakukan secara nontunai melalui jaringan Himpunan Bank Negara (Himbara), yakni BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN.

Adapun, kriteria bagi penerima BST atau bansos tunai Rp600 ribu yaitu memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), dan nomor telepon aktif yang bisa dihubungi. Calon penerima juga harus tercatat tidak masuk dalam daftar program keluarga harapan (PKH), Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM), atau bansos tunai lainnya.

Berikut langkah untuk mengecek nama penerima BST atau bansos tunai Rp600 ribu dari Kemensos selama masa PPKM Darurat: 

1. Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id

2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan 

3. Masukkan nama penerima sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) 

4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode 

5. Klik tombol pencari data.