Viral Jokowi Dituding Comot Foto Ilustrasi Media Turki, Ini Klarifikasi Pembuat Gambar

Bagian gambar yang diunggah Presiden Joko Widodo di akun Twitternya, Senin (12/7/2021) - Twitter - @jokowi
14 Juli 2021 02:27 WIB Rika Anggraeni News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Baru-baru ini foto ilustrasi yang diunggah Presiden Joko Widodo mendapat sorotan warganet di jagat Twitter lantaran mirip dengan salah satu media massa di Turki. Sang ilustrator atau pembuat gambar akhirnya memberi klarifikasi. 

Pada saat itu, Jokowi mengunggah sebuah foto ilustrasi orang bermasker yang memegang lampu petromaks dengan kondisi virus Covid-19. Gambar tersebut dilengkapi dengan keterangan “Waspada, Selalu!”.

BACA JUGA : Jokowi Luncurkan 300.000 Paket Obat Gratis bagi Pasien

Lantaran foto ilustrasi yang diunggah Presiden Jokowi sangat mirip dengan gambar ilustrasi dari media Turki, warganet pun ikut meramaikan unggahan tersebut.

Presiden mengunggah foto ilustrasi pada 12 Juli 2021, sementara media Turki mengunggahnya terlebih dahulu, yakni 5 November 2020. Namun, foto tersebut hampir sama dengan yang diunggah Jokowi, yang membedakan hanya latar dari foto tersebut.

Namun, pemilik akun Twitter @BossTemlen mencuitkan twit dengan melampirkan dua gambar. Pada gambar pertama, terlihat bahwa foto ilustrasi tersebut diunggah pertama kali oleh akun Instagram @qomikin atau Faris Saputra, yaitu pada 17 Agustus 2020.

Foto ilustrasi itu diunggah dengan menambahkan keterangan sedang membuka pesanan masker scuba.

BACA JUGA : Epidemiolog: Jokowi Seharusnya Pimpin Langsung

Banyaknya respons warganet mengenai foto ilustrasi itu, membuat sang ilustrator atau pembuat ilustrasi angkat bicara. Dengan nama akun yang sama, @qomikin atau Faris Saputra, mengatakan terdapat beberapa karya telah dijual di pasaran.

“Nggak papa mas, mungkin beliau dan team beli, karena memang beberapa karya kami jual di marketplace,” cuit @qomikin.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia