5.000 Euro Disiapkan untuk Mahasiswa yang Lakukan Perubahan di Bidang Pertanian

Kampanye EmpowerYouth4Food memberikan tantangan kepada mahasiswa untuk melakukan perubahan di bidang pertanian. - ist.
21 April 2021 23:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Mahasiswa ditantang untuk berani melakukan perubahan di bidang pertanian dalam program kampanye #EmpowerYouth4Food yang diinisiasi oleh Jaringan Alumni Belanda Bersama dengan Nuffic Neso. Mahasiswa yang berani menerima tantangan ini disiapkan hadiah sebesar 5.000 Euro atau sekitar Rp87 juta.

Kampanye #EmpowerYouth4Food ini secara resmi akan digelar pada Kamis (22/4/2021) pukul 14.00 WIB secara daring. Launching kampanye #EmpowerYouth4Food siapkan hadiah 5.000 Euro bagi para mahasiswa yang dapat memenangkan tantangan pembuat  perubahan di bidang pertanian. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Pertanian, Kualitas Alam dan Pangan Belanda Carola Schouten dan Kepala Badan Penyuluhan Pertanian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian Indonesia, Profesor Dedi Nursyamsi.

“Kami akan menyampaikan ulasan penting seputar kiprah Kementerian Pertanian dalam mengembangkan sumber daya manusia serta mendorong semangat anak-anak muda di Indonesia khususnya dan di Asia Tenggara untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam memajukan sektor pertanian,” Profesor Dedi Nursyamsi dalam rilisnya, Rabu (21/4/2021).

Alumnus Kampus Wageningen Belanda Audy Joinaldy program ini menjadi momentum terbaik bagi para mahasiswa untuk berkiprah secara langsung dalam memberikan kontribusi di bidang pertanian.

 “Ini bisa menjadi batu loncatan, membangun kolaborasi antar alumni Belanda, stakeholder untuk kemajuan bidang pertanian dan peternakan di Indonesia di masa mendatang,” kata pria yang juga Wakil Gubernur Sumatera Barat ini.

Alumni Officer Nuffic Neso Dito Alif Pratama mengatakan kampanye pendidikan pertanian empower Youth4Food bagi generasi muda di Asia Tenggara digelar selama satu tahun mendatang dengan beragam kegiatan. Mulai dari publikasi kisah inspiratif dari para alumni Belanda yang menggeluti bidang pertanian, seminar dan talkshow, career fairs.

Dana sebesar 5.000 Euro akan diberikan kepada para mahasiswa yang berhasil memenangkan tantangan program changemaker challenge untuk mewujudkan idenya dalam membuat perubahan di sektor pertanian.

“Pada acara launching virtual tanggal 22 April yang bertepatan dengan hari bumi sedunia ini, peserta juga akan mendapat kesempatan mengikuti diskusi panel. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut tentang bisa mengunjungi website Empower Youth4food,” katanya.