Trigana Air Tergelincir, 13 Penerbangan Lain Terkena Imbas

Ilustrasi pesawat terbang - Pixabay
21 Maret 2021 07:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pesawat Trigana Air rute Jakarta-Makassar yang tergelincir di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur mengakibatkan sebanyak 13 pesawat yang akan masuk ke bandara tersebut terpaksa dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (20/3/2021).

. "Kami sampaikan sejak kejadian tadi siang, kejadian ini, ada 13 pesawat udara yang drivered ke Soekarno-Hatta. Artinya mendarat di sana, karena di sini di closed. Kemudian cancelled 13 pesawat," kata Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Pnb TNI Nandang Sukarna di lokasi.

Tak hanya itu, sebanyak tujuh penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma juga dibatalkan. Sehingga, penerbangan juga akan dilakukan dari Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: WHO Minta Agar Negara-Negara Tetap Gunakan Vaksin AstraZeneca

"Jadi ada tujuh flight yang dialihkan ke Cengkareng, tujuh flight ini. Sebetulnya yang di cencel ini, di cancel di sini, tapi ada yang diakomodir di sana," sambung Nandang.

Nandang melanjutkan, untuk sementara seluruh penerbangan dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma ditutup selama 1 X 24 jam. Dia berharap proses evakuasi dapat segera rampung.

"Kami berharap 1x24 jam kami tutup dulu mudah-mudahan besok pagi bisa terevakuasi. Tapi andai kata, mudah-mudahan cuaca hari ini bagus untuk diangkut," bebernya.

Lebih lanjut, pihak Bandara Halim Perdana Kusumah telah menyiapkan 28 unit bus untuk mengangkut para penumpang menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Lebih dari 100.000 Orang di DIY Telah Disuntik Vaksin

Diberitakan sebelumnya, pesawat Trigana Air dikabarkan tergelincir di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (20/3/2021).

Tak ada korban jiwa dalam insiden pesawat Trigana Air tergelincir sekitar pukul 11.26 WIB. Berdasarkan keterangan dari salah satu warga yang diterima Suara.com, pesawat Trigana Air tersebut mengalami masalah di salah satu mesin.

Pesawat pun diizinkan untuk kembali ke Bandara Halim. Saat mendarat pesawat Trigana Air keluar landasan.

Dari informasi yang diterima, pilot menginformasikan ada masalah pada mesin nomor dua pada pesawat kargo Trigana Air jenis Boeing 737-500 tersebut.

Sumber : suara.com