Advertisement

Sebagian Pulau Jawa Diprediksi Terdampak Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

Ropesta Sitorus
Kamis, 11 Maret 2021 - 09:47 WIB
Nina Atmasari
Sebagian Pulau Jawa Diprediksi Terdampak Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang Monitoring cuaca di wilayah Indonesia, - Dok.BMKG

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -Sebagian Pulau Jawa bakal terdampak cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Kamis (11/3/2021).

Badan Meteorogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini untuk cuaca di beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Kamis (11/3/2021). Kondisi ini berpeluang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air mulai dari Aceh, Bali, sebagian wilayah Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Advertisement

Dilansir dari situs resmi bmkg.go.id, wilayah yang diperkirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang yakni Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengaah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan.

Baca juga: 3.000 ASN di Sleman Divaksin Dalam Tiga Hari

Untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG juga mengeluarkan peringatan agar mewaspadai potensi hujan disertai kilat atau petir di Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada malam hari.

Di Jawa Barat, potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di daeraha Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Ciamis, Indramayu, Majalengka, Cianjur, Bandung, Garut, Kota Banjar, Pangandaran, Kuningan, Sumedang, Cirebon dan Cimahi pada siang hingga malam hari.

Adapun khusus untuk daerah Kalimantan Barat, BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada peningkatan suhu dan penurunan kelembaban udara yang dapat memicu potensi mudahnya kebakaran hutan/lahan.

Selain itu, BMKG juga memperingatkan adanya potensi banjir di beberapa daerah dalam periode hari ini sampai 12 Maret 2021, yakni di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tunggu Pemberangkatan, Begini Persiapan Ibadah Haji asal Sleman

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement