Advertisement

Survei Indobarometer Tunjukkan Tingkat Kepuasan Publik terhadap Jokowi Masih Tinggi

Newswire
Kamis, 18 Februari 2021 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
Survei Indobarometer Tunjukkan Tingkat Kepuasan Publik terhadap Jokowi Masih Tinggi Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait vaksin Covid-19 di Istana Merdeka, Rabu, 16 Desember 2020. - Youtube Sekretariat Presiden

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hasil survei Indometer menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih tinggi di tengah pandemi Covid-19 dan kemerosotan ekonomi. Kepuasan publik terhadap Jokowi mencapai 70,1 persen.

"Tingkat kepuasan yang sangat tinggi menunjukkan bahwa Jokowi tetap dipercaya oleh publik," kata Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer Leonard SB dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Advertisement

Menurut Leonard, publik menilai pilihan-pilihan kebijakan pemerintahan Jokowi dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan dampak ekonomi masih layak untuk didukung.

"Keputusan Jokowi untuk tidak melakukan lockdown memberi kesempatan bagi pelaku ekonomi untuk tetap berusaha, meskipun ada sejumlah pembatasan yang diberlakukan," tutur Leonard.

Adapun, pemerintah saat ini menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro untuk mengendalikan laju penularan Covid-19.

Di sisi lain, ketidakpuasan publik yang mencapai 25,2 persen dipengaruhi oleh masih tingginya kasus konfirmasi Covid-19 dan anjlok-nya perekonomian.

"Misalnya, rendahnya jumlah testing dan tracing, serta pertumbuhan ekonomi yang minus sepanjang 2020," ujarnya

Sementara itu, masih ada 4,7 persen responden yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab. Menurutnya, saat ini publik masih melihat sejauh mana vaksinasi bisa digenjot, serta pemulihan ekonomi yang kini mengandalkan kebijakan UU Cipta Kerja dan Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Survei Indometer dilakukan pada 1 - 10 Februari 2021 melalui sambungan telepon kepada 1.200 responden dari seluruh provinsi yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error sebesar 2,98 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement