Ada 4 Gunung Berapi Berstatus Siaga Per 3 Februari

Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari rnTunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (7/1/2021). ANTARA FOTO - Andreas Fitri Atmoko
03 Februari 2021 11:47 WIB Muhammad Khadafi News Share :

Harianjogja.com.com, JAKARTA -- Pada hari ini, Rabu (3/2/2021), tercatat ada empat gunung berapi dengan status siaga atau level III. Hal ini berdasarkan laporan dari situs magma.esdm.go.id.

AdapunBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuat empat level status gunung api sebagai upaya mitigasi. Status normal atau level 1 ini diberikan apabila gunung api aktif namun tidak ada aktivitas.

Status level 2 ini diberikan pada gunung api yang memiliki aktivitas melebihi batas normal. Kemudian, level 3 akan diberikan kepada gunung api yang tiba-tiba meletus atau menimbulkan bencana.

Terakhir, level 4 diberikan kepada gunung api yang akan meletus atau sedang meletus. Level ini juga penanda bahwa ada akan timbul bencana. 

Sementara itu per 3 Februari 2021 gunung api dengan status siaga atau level 3 adalah: 

1. Gunung Sinabung

Gunung Api Sinabung terletak di Karo, Sumatera Utara dengan posisi geografis di Latitude 3.17°LU, Longitude 98.392°BT dan memiliki ketinggian 2460 mdpl. Berdasarkan pengamatan visual, gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-I. Asap kawah utama terlihat berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 50-1000 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah hingga sedang ke arah utara dan barat.

BACA JUGA : Gunung Sinabung Meletus Muntahkan Debu Setinggi 500

2. Merapi

Merapi terletak di Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan posisi geografis di Latitude -7.542°LU, Longitude 110.442°BT dan memiliki ketinggian 2968 mdpl. Hasil pengamatan menunjukan bahwa gunung tertutup kabut 0-I. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan, angin lemah ke arah selatan.

BACA JUGA : Status Tanggap Darurat Bencana Gunung Merapi Diperpanjang Ketiga Kalinya

3. Karangetang

Gunung Api Karangetang terletak di Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara dengan posisi geografis di Latitude 2.78°LU, Longitude 125.406°BT dan memiliki ketinggian 1784 mdpl. Pengamatan teranyar, asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 200 meter dari puncak. Cuaca cerah, angin lemah ke arah timur.

Masyarakat di sekitar gunung Karangetang dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

4. Lewotolok

Lewotolok terletak di Lembata, Nusa Tenggara Timur dengan posisi geografis di Latitude -8.272°LU, Longitude 123.505°BT dan memiliki ketinggian 1423 mdpl. Per 3 Februari pagi, gunung terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-I. Teramati asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 50-100 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia