Waspada! Sariawan & Ruam Kulit Jadi Gejala Virus Corona Baru

Ilustrasi. - Freepik
17 Januari 2021 20:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Virus Corona jenis baru dilaporkan menimbulkan sejumlah gejala yang perlu diwaspadai masyrakat.

Varian baru virus corona Covid-19 menunjukkan adanya gejala aneh yang dialami sejumlah pasiennya. Selain gejala yang dialami oleh pasien Covid-19 pada umumnya, jenis strain baru virus ini memiliki gejala yang menyerang indera perasa.

Epidemiolog menunjukkan bahwa satu dari lima orang pasien covid-19 strain baru ini menyalami gejala tersebut.

Diketahui, strain baru virus ini muncul di Inggris beberapa waktu lalu.

Profesor Tom Spector, ahli epidemiologi di King's College London dan ilmuwan utama di Zoe Coronavirus Symptom Study UK Infection Survey, mengatakan satu dari lima pasien virus corona mengalami gejala yang tidak umum.

Mereka mendeteksi gejala lain virus corona Covid-19 ini melalui aplikasi Studi Gejala Covid-19, yang merupakan studi Covid-19 terbesar di dunia yang sedang berlangsung.

Pada temuan terbaru, para peneliti menemukan 1 dari 5 orang mengalami gejala aneh di bagian lidah akibat virus corona Covid-19, seperti sariawan.

"Satu dari lima orang dengan virus corona Covid-19 masih mengalami gejala yang kurang umum dan tidak masuk dalam daftar resmi, seperti ruam kulit dan peningkatan jumlah sariawan," jelas Prof Spector dikutip dari Express.

Prof Spector menyarankan Anda bisa tetap tinggal di rumah jika mengalami gejala aneh atau hanya sakit kepala dan kelelahan.

Tetapi, kepala badan kesehatan Inggris seperti NHS telah berusaha memperbarui kemungkinan gejala virus corona. Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), juga telah menghasilkan daftar gejala virus corona yang lebih luas.

Sampai sekarang, badan kesehatan itu telah mencantumkan 11 kemungkinan gejala peringatan virus corona Covid-19 yang diwaspadai. Adapun gejala virus corona tersebut antara lain:

-Demam atau kedinginan
-Batuk
-Sesak napas atau kesulitan bernapas
-Kelelahan
-Nyeri otot atau tubuh
-Sakit kepala
-Kehilangan rasa atau bau
-Sakit tenggorokan
-Hidung tersumbat atau meler
-Mual atau muntah
-Diare

Jika Anda mengalami gejala utama virus corona Covid-19, lakukan tes sesegera mungkin dan tetaplah berada di rumah sampai hasil tesnya keluar.

Selain Anda sendiri, semua orang yang tinggal bersama di rumah juga harus isolasi mandiri dan lebih baik tidak menerima tamu sementara waktu.

Sumber : Antara