Advertisement

Antisipasi Ledakan Kasus Covid-19, Begini Strategi Pemerintah

Mutiara Nabila
Selasa, 29 Desember 2020 - 08:17 WIB
Bhekti Suryani
Antisipasi Ledakan Kasus Covid-19, Begini Strategi Pemerintah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada Rakorpim di Kemenkes, Rabu, 23 Desember 2020 / Dok. Kemenkes

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan menyiapkan skema untuk menambah tenaga kesehatan yang bertugas menangani Covid-19 untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 usai libur Natal  dan Tahun Baru.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir mengatakan selain menambah kapasitas rumah sakit, Kemenkes sudah menyiapkan tambahan SDM dengan skema penugasan dokter spesialis dan internship.

“Januari nanti ada rekrutmen dan distribusi dokter spesialis ke RS yang membutuhkan. Kemudian penugasan internship, ada sekitar 4.000 mahasiswa kedokteran lulus tahun ini dan kita harapkan 60 persen dari mereka akan internship dan akan dialokasikan ke RS yang butuh tenaga ekstra,” jelasnya pada konferensi pers, Senin (28/12/2020).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kemudian, Kadir menjelaskan, melalui Nusantara Sehat individu, para tenaga kesehatan akan ditugaskan ke RS yang membutuhkan.

“Kami juga beikan kesempatan RS yang sangat butuh SDM untuk melakukan rekrutmen langsung sesuai tata cara yang diatur. Dan laporan rekrutmen itu dilaporkan ke Kemenkes. Kemenkes akan buat SK untuk membayarkan mereka tenaga kesehatan,” ungkapnya.

Kadir juga menyebutkan Kementerian Kesehatan telah meminta agar dinas kesehatan di daerah melakukan penambahan kapasitas tempat tidur sebanyak 30 persen—40 persen, terutama di sembilan provinsi dengan tingkat pemanfaatan tempat tidur di rumah sakit untuk pasien Covid-19 di atas 80 persen.

"Secara nasional, tingkat pemanfaatan tempat tidur 64 persen. Namun, terdapat sembilan daerah yang pemanfaatannya di atas 80 persen di antaranya Provinsi Banten dan DKI Jakarta," ujar Abdul dalam konferensi pers virtual Senin (28/12/2020).

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ratusan Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Terima Beasiswa Pendamping PKH

Sleman
| Minggu, 25 September 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement