Jokowi Lantik Menteri Baru, Rocky Gerung Sebut Kabinet Kelurahan Sejahtera

Akademisi Rocky Gerung memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (23/4/2019). - ANTARA/Reno Esnir
23 Desember 2020 19:27 WIB Ika Fatma Ramadhansari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Filsuf Rocky Gerung mengatakan kabinet Indonesia Maju sebagai kabinet kelurahan sejahtera usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle pertama.

Rocky menyoroti Sandiaga Uno yang ikut merapat ke pemerintahan Jokowi, menyusul Prabowo Subianto. Seperti diketahui, Prabowo dan Sandiaga adalah lawan Jokowi-Maruf pada Pilpres 2019.

"Lalu berkumpul [lawan politik Jokowi] akhirnya di sebuah kelurahan [Istana Negara], jadi boleh disebut kabinet kelurahan sejahtera itu, karena semuanya ingin sejahtera di bawah pimpinan satu lurah," sindir Rocky melalui kanal YouTube Rocky Gerung Official berjudul "Kabinet Baru, Kabinet 'Mencekam' Lupakan Perjuangan Emak-emak" yang diunggah Rabu (23/12/2020).

BACA JUGA: Pemkot Jogja Kebut Bersihkan Luberan Sampah di TPS Akibat Penutupan TPST Piyungan

Dia mengatakan bahwa masing-masing pendukung pasangan calon pada Pilpres 2019 telah berjuang keras memenangkan jagoannya. Bergabungnya Sandiaga adalah bentuk ketidak pedulian terhadap perjuangan emak-emak.

Seperti diketahui, salah satu bentuk kampanye Sandiaga pada Pilpres 2019 adalah mendekati kaum ibu-ibu.

Adapun Rocky menambahkan bahwa pemerintah jilid II Jokowi juga mencerminkan orde baru. Dia menjelaskan bahwa orde baru memiliki dua paradigma yang cocok dengan yang terjadi di Indonesia saat ini.

"Jadi sebetulnya kita balik pada orde baru. Orde baru itu bikin dua paradigma, ekonomi harus bertumbuh, stabilitas harus dimaksimalkan," kata Rocky.

Pelantikan enam menteri oleh Jokowi hari ini, Rabu (23/12/2020), kata Rocky, adalah upaya melakukan pengendalian atau disebut dalam ilmu politik sebagai regimentasi.

"Jadi di dalam politik mengalami regimentasi, di dalam ekonomi mengalami free market," ujar Rocky.

Selain itu, Rocky juga menyebut kabinet bentukan Jokowi mencekam karena merupakan konsolidasi kapital. Dalam artian seluruh menteri memiliki satu paradigma soal neoliberalisme.

Presiden Jokowi resmi melantik enam menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (23/12/2020).

Pelantikan menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju sisa periode jabatan 2019-2024 ini dilakukan sekitar pukul 10.30 WIB. Wakil Presiden Ma'ruf Amin nampak turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pelantikan tersebut.

Proses pelantikan itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat mengingat saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19.

Adapun pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 133/P tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 dan Keputusan Presiden RI Nomor 76/M tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024.

Jokowi pun membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh para calon menteri dan wakil menteri pada Kabinet Indonesia Maju.

Berikut ini daftar keenam menteri yang dilantik Presiden Jokowi pada hari ini:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial

2. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

3. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama

4. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan

5. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

6. Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sumber : Bisnis.com