UMKM Lokal Diberi Kemudahan Berjualan Lewat #ExpressBisa

Foto Ilustrasi pemasangan program ExpressBisa untuk mendukung UMKM. - Ist.
12 Desember 2020 19:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Aplikasi Grab memberikan kemudahan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal melalui layanan #ExpressBisa untuk meningkatkan daya saing dalam berjualan. UMKM asal DIY menjadi salah satu objek yang menjadi sasaran program ini dari tujuh kota lainnya di Indonesia.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan #ExpressBisa hadir di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bali, Makassar, Bandung, Semarang, Surabaya dan Jogja. Selama Desember 2020, layanan ini memberikan media promosi unik billboard di lokasi strategis. Sehingga pelaku usaha bisa memanfaatkan untuk mempromosikan produk dalam bentuk apa pun, mulai dari kuliner sampai produk kerajinan.

BACA JUGA : Kulonprogo Buka Galeri UMKM di Restoran

Pihaknya berharap program tersebut bisa meningkatkan penjualan para pelaku UMKM, sekaligus memudahkan pengantaran produk khas lokal sampai ke tangan pembeli secara cepat dan aman. Inovasi ini menurutnya untuk memajukan para pelaku UMKM lokal agar dapat memberikan dampak positif dalam memanfaatkan teknologi di masa pandemi.

"UMKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian, tetapi jangan lupakan juga para pelaku usaha lain yang saat ini mereka masih banyak menemui tantangan terutama di masa pandemi. Inovasi ini untuk menyediakan platform dan teknologi terbaik bagi bisnis kecil, UMKM, dan sampai dengan pasar modern agar mereka dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan menumbuhkan bisnisnya,” ujarnya.

Keuntungan #ExpressBisa bagi UMKM, lanjutnya, pengantaran dengan harga terjangkau, pada perayaan Harbolnas ongkos kirim hanya Rp1. Kemudian pengguna diberi tarif flat seharian bagi pilihan pengantaran antara tanggal 10-12 Desember 2020 melalui kode promo 1212 untuk pilihan pengantaran Instant dan SameDay melalui GrabBike.

BACA JUGA : Kapasitas UMKM Jogja Perlu Diperbesar

Selain itu pengantaran lebih mudah, karena berbagai macam pilihan pengantaran yang bisa dipesan ke beberapa titik sekaligus dalam satu kali pemesanan, hingga pilihan antarkota. Melalui pilihan armada melalui motor atau mobil untuk barang berukuran besar hingga 150 kilogram dalam sekali pesanan.

“Program ini bisa digunakan para pelaku UMKM untuk meningkatkan nilai tambah kepada produk mereka yang bisa dikirim dengan cepat tanpa perlu membayar dengan harga yang tinggi,” katanya.

Ia memastikan program keamanan terjaga karena bisa dilacak dengan mudah melalui aplikasi. Para pembeli dan penjual juga akan mendapatkan laporan foto dari mitra pengantaran saat penjemputan dan penerimaan barang. Selain itu layanan tersebut juga memiliki asuransi pengiriman bagi barang yang cacat, rusak, atau hilang saat diantar.

BACA JUGA : Aplikasi Digital Permudah UMKM Kelola Bisnis

Sejalan dengan misi dalam mendukung terhadap program #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi pemerintah, pihaknya telah menghadirkan Klub Juragan GrabExpress untuk mendukung bisnis lokal buatan Indonesia. “Komunitas tersebut merupakan wadah untuk para social sellers berkomunikasi dan mendapatkan informasi terkait layanan kurir instan GrabExpress,” ujarnya.

Sumber : Antara