KRL Jogja-Solo Akan Berhenti di 11 Stasiun, Ini Daftarnya

Ilustrasi. - Antarafoto
06 Desember 2020 17:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, KLATEN--Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Jogja akan segera beroperasi pada awal tahun depan.

Rencananya KRL akan berhenti di 11 stasiun kereta. Jumlah itu, jauh lebih banyak dibandingkan dengan kereta api Prameks yang selama ini beroperasi.

Vice President Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba, saat ditemui wartawan di Klaten, Jumat (4/12/2020) pagi, mengatakan keberadaan KRL akan menghidupkan kembali seluruh stasiun di Solo-Jogja. Hal itu diharapkan dapat mendongkrak perekonomian warga.

"Sebanyak 11 stasiun di Solo-Jogja akan digunakan untuk tempat berhentinya KRL. Penumpang bisa naik di stasiun di sepanjang Solo-Jogja. Soal harga tiket KRL sama dengan tiket Prameks," kata Anne Purba.

Selain bakal menghidupkan 11 stasiun di Solo-Jogja, harga tiket KRL yang menempuh perjalanan Solo-Jogja selama 68 menit itu maksimal setara KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang hanya Rp8.000.

Lantas mana saja stasiun kereta api yang akan menjadi tempat pemberhentian KRL Solo-Jogja? Selama ini Prameks yang menjadi kereta komuter Solo-Jogja hanya berhenti di beberapa stasiun yaitu Solobalapan, Purwosari, Klaten, Maguwo, Lempuyangan, dan Tugu.

Relasi Solo-Jogja
Bila KCI menyebut ada 11 stasiun yang menjadi pemberhentian KRL Solo-Jogja, data yang dihimpun Solopos.com-jaringan Harianjogj.com, Sabtu (5/11/2020), menyebutkan di relasi Solo-Jogja (Stasiun Solobalapan sampai Stasiun Tugu) memang terdapat 11 stasiun kereta api.

Artinya besar kemungkinan semua stasiun kereta api di relasi Solo-Jogja akan dioperasikan semuanya. Berikut daftarnya:

- Stasiun Tugu Jogja

- Stasiun Lempuyangan Jogja

- Stasiun Maguwo (Bandara)

- Stasiun Brambanan (Prambanan, Klaten)

- Stasiun Srowot Klaten

- Stasiun Klaten

- Stasiun Ceper Klaten

- Stasiun Delanggu Klaten

- Stasiun Gawok Sukoharjo

- Stasiun Purwosari Solo

- Stasiun Solobalapan

Sementara itu, Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCI, Wawan Ariyanto, menyebut KRL Solo-Jogja akan memiliki waktu tempuh sekitar 68 menit.

"Rute Jogja-Solo itu sekitar 60 kilometer. Jarak itu ditempuh KRL Solo-Jogja selama 68 menit. Pola KRL Solo-Jogja nanti berhenti di setiap stasiun selama satu menit. Kami pikir, satu menit sudah cukup untuk mendukung naik-turun penumpang di setiap stasiun," katanya.

Wawan mengakui uji coba KRL Solo-Jogja membutuhkan waktu lama. Tim terkadang sengaja mematikan listrik KRL di tengah perjalanan untuk mengetahui masalah yang mungkin timbul.

Sumber : Solopos.com