Advertisement

80 Orang Terinfeksi Corona, Peserta Acara Kerumunan Rizieq Shihab Diminta Isolasi Mandiri

Newswire
Senin, 23 November 2020 - 06:37 WIB
Bhekti Suryani
80 Orang Terinfeksi Corona, Peserta Acara Kerumunan Rizieq Shihab Diminta Isolasi Mandiri Massa dari berbagai daerah berjalan menuju Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020) menjelang tibanya Habib Rizieq Shihab. - ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Warga yang hadir dalam acara hajatan Rizieq Shihab diminta untuk melakukan isolasi mandiri.

Kementerian Kesehatan mengonfirmasi adanya kasus positif dalam kerumunan peserta acara Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat mengatakan, dari hasil pemeriksaan PCR tanggal 21 November, ditemukan 50 kasus positif di Tebet dan 30 kasus di Petamburan.

Advertisement

Kemenkes meminta agar semua peserta yang hadir dalam acara tersebut melakukan isolasi mandiri. Bahkan, orang-orang yang sempat kontak dengan peserta acara Rizieq Shihab juga diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Kami mengimbau bagi masyarakat yang telah kontak erat dan mengikuti kegiatan di Bandara Soekarno Hatta, Petamburan dan Megamendung untuk segera isolasi mandiri,” katanya saat konferensi pers, Minggu (22/11/2020).

BACA JUGA: Ilmuwan Asal Indonesia Oki Muraza Masuk Daftar Ilmuwan Berpengaruh Dunia

Dia mengatakan, Pemerintah telah menyiapkan pusat isolasi mandiri. Salah satunya di Wisma Atlet. “Pemerintah telah menyiapkan pusat karantina di Rumah Sakit Darurat Covid di Wisma Atlet,” ujar dia.

Dia juga mengingatkan jika selama selama melakukan karantina mengalami gejala terinfeksi covid-19 maka segera ke pusat pelayanan kesehatan untuk melakukan pemeriksaan.

“Apabila selama melakukan karantina mengalami gejala terinfeksi covid-19 seperti gejala batuk, pilek, sesak nafas, sakit tenggorokan, serta hilang indra penciuman dan perasa segera kunjungi puskesmas terdekat untuk dilakukan tes usap tau PCR test,” sarannya.

Budi meminta agar para tokoh masyarakat, agama dan pemimpin daerah dapat memberikan contoh dan teladan kepada masyarakat luas dalam penerapan protokol kesehatan.

“Kita harus bekerja sama dalam upaya pencegahan dan pengendalian covid agar covid-19 dapat segera kita atasi,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Ada 80 Kasus Covid-19, Kemenkes: Peserta Acara Habib Rizieq Segera Isolasi Mandiri!"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement