Advertisement

Pertamina Sediakan Alat Pemeriksaan Kesehatan Otomatis Prohealth

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 21 November 2020 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Pertamina Sediakan Alat Pemeriksaan Kesehatan Otomatis Prohealth Salah seorang karyawan Pertamina mencoba alat pemeriksaan kesehatan otomatis Prohealth, di kantor Cabang Pertamina Jogja, Kamis (19/11/2020). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menyediakan alat pemeriksaan kesehatan otomatis yang dinamakan Pertamina Robotic Health (Prohealth) sebagai bagian penerapan optimalisasi program fit to work (FTW) di perusahaan.

Manajer Regional SSC V Pertamina Jawa Bagian Tengah, Muh. Bagus Budiyanto, mengatakan Prohealth bermanfaat untuk memastikan bahwa pekerja dengan resiko tinggi seperti dunia minyak dan gas ini benar-benar fit saat bekerja. Terlebih lagi saat ini di tengah pandemi Covid-19.

Advertisement

Alat yang akan digunakan di MOR Jawa Bagian Tengah ini tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan lebih luas lagi penggunaannya mengingat manfaatnya. “Ada multiplier effect-nya dapat mencegah jika ada penularan pekerja dengan tenaga kesehatan,” ucap Bagus, seusai Launching dan Penganugerahan MURI Prohealth, di kantor Cabang Pertamina Jogja, Kamis (19/11/2020).

Area Manager Medical Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah Datuk Fachrul Razy juga mengungkapkan alat ini dapat mengurangi efek resiko penularan Covid-19 antar manusia. Adapun data yang diberikan dari Prohealth ini mulai dari suhu, tekanan darah, detak jantung, saturasi oksigen, kandungan alkohol.

“Untuk akurasi, sudah dites di lab yang berhubungan dengan kalibrasi. Tetapi tetap ada perawat medis juga di MOR IV, untuk melakukan pengecekan jika mungkin ada yang tidak fit,” ucapnya.

Senior Manager Museum Rekor Indonesia (MURI), Sri Widayati, mengatakan Pertamina merupakan satu-satunya perusahaan yang telah menyediakan alat pemeriksaan kesehatan otomatis terintegrasi dengan sistem identifikasi personel atau absensi. “Dari hasil penilaian tim internal kami maka Pertamina berhak mendapatkan Rekor MURI tersebut dan diharapkan dapat mengoptimalkan lebih lagi dari program ini,” ujarnya.

Selain menggunakan Prohealth untuk mendeteksi kesehatan karyawan, Pertamina juga senantiasa menekankan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak, untuk mencegah penularan Covid-19. 3M adalah cara paling efektif mengendalikan Corona selama belum ada vaksin yang teruji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement