Advertisement

Hasil Tes Covid-19 Palsu Diperjualbelikan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 11 November 2020 - 19:07 WIB
Sunartono
Hasil Tes Covid-19 Palsu Diperjualbelikan Ilustrasi tes Virus Corona. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Orang-orang tampaknya sangat ingin melakukan perjalanan sehingga mereka rela membeli hasil tes negatif virus corona yang palsu di black market. Hal itu, karena banyak negara yang mewajibkan pengunjung mendapatkan hasil tes virus korona negatif sebelum diizinkan masuk.

Tes virus corona negatif yang dipalsukan telah dilaporkan di Prancis, Brasil, dan Inggris Raya. Namun, tidak mungkin sejumlah besar pelancong akan dapat menggunakan hasil tes palsu karena protokol lebih canggih, saat ini.

Advertisement

Pekan lalu, pejabat Prancis menangkap enam pria dan satu wanita karena dilaporkan menjual sertifikat tes palsu kepada para pelancong dengan harga antara US$180 dan US$360 di Bandara Charles de Gaulle di Paris. Mereka dituduh melakukan pemalsuan, penggunaan pemalsuan, dan keterlibatan dalam penipuan?

BACA JUGA : Tes Corona Bikin Mahasiswa Dilema

Penyelidikan hasil tes palsu dimulai pada September dengan ditemukannya seorang penumpang yang check-in untuk penerbangan ke Ethiopia dengan dokumen palsu yang disertifikasi menerima hasil tes negatif.

Sementara itu, pejabat di Brasil menangkap empat turis domestik pada 29 Oktober karena mereka diduga memalsukan hasil tes virus korona untuk mengunjungi kepulauan Fernando de Noronha.

Kedua pria dan dua wanita dari negara bagian Tocantins di Brasil naik jet pribadi ke pulau-pulau tersebut dan membawa hasil tes yang tidak baru untuk mengunjungi kepulauan tersebut.

Ketika petugas meminta untuk menguji ulang mereka, para turis menolak dan menunjukkan hasil baru dengan tanggal yang lebih baru. Namun, ketika petugas menelepon laboratorium, mereka mengetahui bahwa dokumen telah diubah.

Bulan lalu, Lancashire Telegraph melaporkan bahwa orang-orang juga meniru hasil tes virus korona di Inggris.

Menurut surat kabar tersebut, seorang pria mengatakan dia dapat melakukan perjalanan ke Pakistan setelah seorang teman memberinya tes negatif dan dia mengubah dokumen untuk menunjukkan nama dan ulang tahunnya. Dia juga mengatakan kepada surat kabar bahwa dia mengubah tanggal pengujian menjadi dalam batas waktu yang ditentukan.

BACA JUGA : Biaya Tes Covid-19 Lebih Mahal Daripada Harga Tiket 

Telegraph juga melaporkan bahwa agen perjalanan menjanjikan seseorang bahwa mereka akan memberikan hasil tes negatif seharga £50 (sekitar US$66), bahkan jika pelancong tersebut dinyatakan positif.

The Washington Post melaporkan bahwa beberapa tempat mengikuti peraturan yang lebih berteknologi tinggi untuk menghindari hasil tes yang salah. Salah satu contohnya, menurut surat kabar, adalah Hawaii, yang mengharuskan pengunjung untuk menggunakan mitra pengujian yang disetujui, mendaftar dengan program pengujian negara bagian dan mengunggah hasilnya secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement