Advertisement

Menhub Jamin 67.000 Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Taat Prokes

Rio Sandy Pradana
Senin, 02 November 2020 - 07:37 WIB
Sunartono
Menhub Jamin 67.000 Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Taat Prokes Sejumlah calon penumpang antre saat pengecekan tiket di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (21/9/2020). - ANTARA FOTO/Fauzan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memastikan operasional Bandara Soekarno-Hatta telah menjalankan protokol kesehatan pada puncak arus balik libur panjang 28 Oktober – 1 November 2020, yang diperkirakan dipadati sekitar 67.000 penumpang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung operasional bandara yang berkode CGK tersebut. Menhub tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 14.30 WIB untuk kemudian melihat proses validasi dokumen kesehatan (hasil rapid test/PCR test) yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).

Advertisement

BACA JUGA : 8 Saksi Diperiksa Terkait Pelecehan di Bandara Soekarno-Hatta

“Saya pastikan bahwa layanan bandara berjalan dengan baik. Saya apresiasi PT Angkasa Pura II, maskapai, KKP, AirNav Indonesia, Otoritas Bandara, dan khususnya TNI/Polri yang siaga penuh 24 jam,” kata Budi dalam siaran pers yang dikutip, Senin (2/11/2020).

Setelah itu, Menhub melihat situasi di check in area serta boarding lounge yang merupakan tempat menunggu bagi penumpang sebelum naik ke pesawat. Usai meninjau sisi darat Terminal 2, Menhub menuju sisi udara Terminal 3 untuk melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) terhadap salah satu pesawat.

Menhub kemudian juga melakukan pengecekan alur kedatangan internasional, termasuk melihat shelter pengambilan sampel PCR Test bagi penumpang pesawat dari Singapura di dalam skema Travel Corridor Arrangement (TCA) Indonesia – Singapura. Terkait ini, Menhub juga melihat kendaraan Mobile Diagnosis Real Time PCR yang ada di Terminal 3.

Adapun, shelter pengambilan sampel PCR Test dan kendaraan Mobile Diagnosis Realt Time PCR merupakan hasil kerja sama PT Angkasa Pura II dan Farmalab yang merupakan anak usaha Indofarma.

BACA JUGA : Viral Bandara Soekarno-Hatta Ramai, Saat Dikunjungi Menko

“Hari ini kita pastikan layanan dan safety berjalan dengan baik, lebih dari itu protokol kesehatan juga berjalan baik. Protokol kesehatan harus dikawal,” ujarnya.

Selain melakukan peninjauan, Menhub juga membagi-bagikan masker gratis bagi para penumpang, staf pihak ground handling, dan staf bandara.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini diperkirakan mencapai sekitar 67.000 orang.

“Melihat data yang kami terima dari maskapai, jumlah penumpang pada puncak arus balik hari ini di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 67.000 orang, yang merupakan jumlah penumpang tertinggi di tengah pandemi ini. Sementara itu, pergerakan pesawat kami perkirakan mencapai 700 penerbangan,” kata Awaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement