Hanya Saudi Airlines yang Boleh Bawa Jemaah Umrah

Calon Jamaah Umroh menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Ribuan calon Jamaah Umroh yang melalui bandara Soetta gagal berangkat karena adanya penghentian sementara masuknya warga negara asing ke wilayah kerajaan Arab Saudi hingga batas waktu yang belum ditentukan untuk mencegah penyebaran virus corona ke negara itu. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
01 November 2020 16:27 WIB Rinaldi Mohammad Azka News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi mulai hari ini, Minggu 1 November 2020 mendapat respons positif dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Kami meminta para jemaah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat menggunakan pesawat maupun saat beribadah," paparnya, Minggu (1/11/2020), dikutip dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com.

Pemerintah Arab Saudi saat ini telah memberlakukan pemberian alokasi visa umroh saat dalam sistem e-umroh

Baca juga: UMP Jogja Naik Rp60.392, Pengusaha yang Keberatan Diminta Ajukan Penundaan

Berdasarkan informasi dari Atase Perhubungan Indonesia di Jeddah, untuk sementara yang diizinkan membawa umrah adalah maskapai asal Arab Saudi yaitu Saudi Airlines. Kebijakan ini berlaku semua negara asal jemaah yang disinggahi maskapai tersebut seperti di Timur Tengah, Eropa, Amerka Serikat, Asia, dan Afrika. 

Langkah ini sebagai uji coba Pemerintah Saudi untuk mempermudah kontrol pemberlakuan protokol kesehatan. Uji coba dilakukan selama November-Desember 2020.

Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan juga dengan Otoritas Penerbangan Arab Saudi, agar maskapai penerbangan nasional dapat juga mengangkut penerbangan umroh, dan dapat disertakan ke dalam sistem e-umroh

Keberangkatan perdana jamaah umrah dari Indonesia sudah dimulai pada Minggu (1/11/2020) pukul 10.45 WIB.

Baca Juga: Pendaftaran Bantuan UMKM Rp2,4 Juta Ditutup Akhir November

Dia mendoakan para jemaah dapat menjalankan ibadah umrah dengan mabrur dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kami turut senang dengan dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia. Semoga ibadahnya mabrur dan tetap sehat,” jelasnya.

Sumber : bisnis.com