Soal Permenkumham 26/2020, Begini Tanggapan Artis yang Menikah dengan Bule

Chef Marinka - Istimewa
25 Oktober 2020 09:07 WIB Gloria Fransisca Katharina Lawi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pasca meluncurnya Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) No. 26/2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, sejumlah public figure yang menikah dengan warga negara asing harus melalui masa yang penuh ketidakpastian dan kecemasan.

Aturan ini menimbulkan keresahan di antara warga negara asing pemegang izin tinggal. Pasalnya, beberapa WNA dengan izin tinggal ini sebagian merupakan keluarga dari perkawinan campuran atau ekspatriat yang bekerja di Indonesia.

Meski aturan baru ini memang tidak memberikan perubahan signifikan untuk WNA yang masih berada di Indonesia selama pandemi, namun ceritanya berbeda untuk WNA dengan izin tinggal tapi saat ini tertahan di luar negeri.

Baca Juga: Mobil Laboratorium Covid-19 Berbasis 5G Dikembangkan di China

Adapun Chef Marinka, seorang chef dan public figure dunia kuliner Indonesia juga harus mengalami dampak ini. Pada September 2020 lalu, Chef Marinka baru saja menikah dengan pria asal Belanda, Peter Lufting.

Menanggapi aturan ini, Chef Marinka mengaku masih perlu mempelajari aturan tersebut. Dia enggan untuk memberi komentar yang lebih dalam. Meski demikian dia tak menampik hal ini tentu akan mempengaruhi rumah tangga yang baru saja dibangunnya.

"Saya masih dalam tahap mempelajarinya sistemnya dan karena banyak regulasi yang berubah-ubah," tutur Chef Marinka kepada Bisnis, Sabtu (24/10/2020).

Hal serupa juga diakui oleh aktor Randy Pangalila yang memperistri perempuan asal Kanada. Dia mengaku sejak munculnya pandemi Covid-19, Randy sudah memprediksi terjadinya perubahan aturan imigrasi.. Prediksi itu membuat Randy dan istri membatalkan rencana pergi merayakan Natal pada Desember mendatang di Kanada.

"Kami terpaksa tidak pulang dulu ke Kanada, kami sudah takut kalau ada perubahan. Jadi syukurnya kami masih bersama di Indonesia," ungkap Randy kepada Bisnis.

Baca Juga: IMA Keluarkan 5 Butir Deklarasi agar RI Keluar dari Pandemi Covid

Randy menyayangkan isi klausul tersebut yang mana sangat membebani keluarga yang harus hidup terpisah. Dia pun menyarankan bagi masyarakat Indonesia yang menikah dengan warga negara asing untuk sabar dan menahan diri.

Meski dirundung rasa rindu keluarga, untuk sementara waktu di masa pandemi tetaplah berpikir rasional dan terus memperhatikan setiap informasi terkait imigrasi.

"Evaluasi saya minta tolong kepada pemerintah mungkin masyarakat yang sudah berkeluarga ini adalah direct relation dengan keluarga, jadi seharusnya dipermudah," kata Randy.

Sumber : bisnis.com