Advertisement

IMA Keluarkan 5 Butir Deklarasi agar RI Keluar dari Pandemi Covid

Media Digital
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 18:57 WIB
Budi Cahyana
IMA Keluarkan 5 Butir Deklarasi agar RI Keluar dari Pandemi Covid President Indonesia Marketing Association (IMA) Suparno Djasmin (kanan bawah) didampingi Hermawan Kartajaya (kiri bawah), menyerahkan hasil Deklarasi IMA hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) seluruh Chapter di Indonesia ke Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (atas) dalam Rakernas IMA pada Sabtu 24 Oktober 2020. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Asosiasi Pemasaran Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Indonesia Marketing Association (IMA) melahirkan 5 Deklarasi untuk mendorong Indonesia keluar dari pandemi dan krisis ekonomi yang terjadi sejak sejak akhir bulan Maret 2020.

Deklarasi tersebut secara resmi dikeluarkan IMA pada saat menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) bertema Pemasaran Untuk Pemulihan Indonesia secara virtual yang kedua di tahun 2020, pada Sabtu, 24 Oktober 2020. 

Advertisement

IMA yang merupakan organisasi profesi pemasaran yang didirikan Hermawan Kartajaya, Juan Permata Adoe dan sejumlah tokoh lain di Jakarta pada tahun 1996, menyelenggarakan Rakernas dua kali dalam setahun dan Musyawarah Nasional (Munas) untuk memilih Presiden IMA Nasional setiap 2 tahun sekali. 

Saat ini, IMA yang sejak 19 Oktober 2019 hingga Oktober 2021 dipimpin oleh Suprano Djasmin, memiliki 45 chapter di seluruh Indonesia dan merupakan anggota aktif Asia Marketing Federation (AMF). Kebetulan pendiri IMA Hermawan Kartajaya adalah tokoh yang berperan dalam kebangkitan kembali AMF di tahun 2007. 

Selain menjadi sarana untuk evaluasi kemajuan organisasi, Rakernas IMA biasanya dijadikan sarana meng-update knowledge, baik konsep marketing oleh Hermawan Kartajaya dan praktek Sustainable Development Goal oleh YW Junardy. Selain menjelaskan mengenai buku internasional terbaru Marketing 5.0 yang akan terbit awal tahun 2021, Hermawan Kartajaya juga menjelaskan mengenai public relations di tengah konfigurasi baru Power dan People, lalu Creativity, Innovation, Entrepreneurship dan Leadership dan Peta Jalan Indonesia 2030.

Interaksi antara anggota dan pengurus di seluruh Indonesia yang semakin intensi melalui WAG dan Zoom, mendorong IMA mendeklarasikan 5 butir upaya untuk Indonesia keluar dari pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi. Deklarasi ini sebagai bukti resmi bahwa IMA berusaha berperan dalam pemulihan ekonomi di kondisi pandemi ini. Pembacaan dan Penyerahan Deklarasi IMA untuk Pemulihan Ekonomi Indonesia dilakukan oleh President IMA Suparno Djasmin, Honorary Founding Chairman Hermawan Kartajaya dan President Indonesia Global Compact Network YW Junardy kepada Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Berikut isi 5 butir Deklarasi tersebut:

  1. IMA mengajak para pelaku usaha dan konsumen di Indonesia senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan dan membantu penerapan dalam kegiatan usaha serta ikut mengkampanyekan sebagai kunci sukses pemulihan ekonomi Indonesia. 
  2. IMA mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk mengkampanyekan berbagai inovasi yang telah berhasil diterapkan di era COVID-19 sebagai insipirasi dan penyemangat para pelaku usaha lainnya agar bisa ikut berinovasi membentuk ekosistem positif untuk pemulihan ekonomi Indonesia
  3. IMA mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholders lainnya mendorong proses inovasi dan transformasi usaha UMKM terkait cara baru berusaha di era COVID-19, sebagai katalisator pemulihan ekonomi.
  4. IMA mengajak pelaku usaha dan pemerintah di Indonesia melakukan perluasan dan penguatan digitalisasi layanan publik.
  5. IMA mengajak semua kalangan membangun sinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi   

Suparno Djasmin berkata, “Isi 5 butir deklarasi tersebut merupakan hasil urun rembuk serta sumbangan pemikiran dari Pak Hermawan Kartajaya sebagai Honorary Founding Chairman serta chapter IMA seluruh Indonesia, dan sebagai pengurus IMA Pusat kami menyimpulkan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan 5 Deklarasi ini agar Indonesia benar-benar cepat keluar dari pandemi dan krisis ekonomi.”

“Pendapat ini benar-benar kami terima dari semua chapter yang berisi para anggota dan akhirnya pada hari ini bisa kami kristalisasi menjadi 5 butir yang kami bacakan tadi,” kata Suparno.

Pada Rakernas ini hadir 45 chapter yang telah selesai melakukan berbagai kegiatan selama masa pandemi Covid-19. Mereka memberikan updation activity di antaranya:

  1. Webinar “Digital Marketing for Bussiness”
  2. IMA e-member card
  3. Seminar Ilmiah Nasional
  4. Radio Talk
  5. Berkontribusi dalam kegiatan Asia Marketing Federation (AMF) 

Suparno berkata, “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada chapter-chapter yang telah aktif dalam melakukan aktivitas di chapter masing-masing, mulai dari workshop, networking hingga kegiatan kepedulian sosial, sehingga IMA yang kita banggakan ini semakin diketahui dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh pihak.”

Rakernas ini merupakan upaya konkret IMA sebagai organisasi profesional marketing dan entrepreneurship sendiri harus tetap aktif berkontribusi bagi Indonesia yang lebih baik. Terutama mampu memanfaatkan momentum Covid-19 ini untuk beradaptasi, menjaga keberlanjutan bisnis dan juga bersama-sama mengawal fokus IMA, yaitu:

  1. Mengembangkan organisasi agar IMA semakin dikenal, aktif dan inklusif. Dengan menambah memberi IMA dan menambah jumlah chapter yang aktif.
  2. Meningkatkan jumlah sertifikasi Certified Professional Marketer agar kualitas dan image IMA semakin baik.
  3. Membangun kemitraan dan komunikasi secara aktif dengan beragam elemen, yaitu: Government, Entrepreneur, Professional dan Akademisi.
  4. Membuat program-program yang kongkrit untuk mendukung perdagangan, turisme, investasi dan sustainable development goals, serta
  5. Mendukung inisiatif-inisiatif Asia Marketing Federation.

Menteri Perdagangan dan Pelindung IMA ex officio Agus Suparmanto memberi sambutan berjudul “Strategi Kementerian Perdagangan Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional”, yang hadir didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Kasan dan jajaran Kementerian Perdagangan. 

Selain menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan Kementerian Perdagangan membantu pemulihan ekonomi Indonesia, Menteri Perdagangan juga mengajak seluruh anggota IMA aktif mendukung program Perlindungan Konsumen yang dilakukan Kementerian Perdagangan. Salah satu langkah yang akan dilakukan IMA adalah melakukan seminar Perlindungan Konsumen di industri jasa keuangan dengan melibatkan Otoritas Jasa Keuangan dan asosiasi-asosiasi industri jasa keuangan.

Pada Rakernas ini, Pengurus IMA Pusat memberikan penghargaan melalui verifikasi 114 kegiatan yang dilakukan IMA Chapter di seluruh Indonesia. Ada 6 kategori kegiatan IMA Chapter yang telah diidentifikasi, yaitu Webinar Education, Webinar Business, Seminar Offline, CSR Covid-19, CSR Umum Dan Kegiatan lain-lain, termasuk Rapat Kerja.

Juara umum dari kegiatan ini diraih oleh IMA Chapter Palembang (Juara Pertama); IMA Chapter Lampung (Juara Kedua) dan IMA Chapter Banjarbaru-Banjarmasin (Juara Ketiga).  Pemenang per kategori dan juara umum mendapat penghargaan dari IMA Pusat. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement