Advertisement

Mengenal Coronasomnia & Cara Menghadapinya

Lukas Hendra TM
Sabtu, 10 Oktober 2020 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
Mengenal Coronasomnia & Cara Menghadapinya Coronasomnia - Kominfo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan sejumlah pekerja melakukan aktivitas pekerjaan dari rumah atau work fom home (WFH) mengubah jam kerja banyak orang.

Bahkan, ada juga yang merasakan semakin sulit tidur di masa pandemi Covid-19. Bisa jadi, itu adalah coronasomnia. Lalu, apa itu coronasomnia?

Advertisement

Pada 25 September 2020, American Medical Association (AMA) mengungkapkan, seorang associate professor bidang kedokteran klinis dari Perelman School of Medicine di University of Penssylvania, Ilene Rosen, menyatakan coronasomnia disebabkan oleh ketidakpastian informasi secara terus menerus yang didapatkan selama pandemi. 

Pada akun Instagram resminya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir apabila mengalami hal ini karena tidak membutuhkan perawatan medis.

“Namun, karena efeknya cukup terasa dan dapat berakibat pada kesehatan fisik, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal untuk mengatasinya,” tulis Kominfo, Jumat (9/10/2020).

Kominfo merangkum cara-cara mengatasi coronasomnia yang disarankan AMA. Pertama, pastikan Anda mendapatkan paparan sinar matahari pagi setelah bangun tidur. Kedua, berolahraga di pagi hari atau 3 jam sebelum tidur.

Ketiga, jernihkan pikiran, tuangkan apa saja yang kamu pikirkan dalam tulisan selama 10 menit. Lakukan 1 jam sebelum tidur di luar kamar. Keempat, hindari menonton berita sebelum tidur, khususnya terkait pandemi.

Kelima, gunakan suara untuk merelaksasi pikiran.Keenam, lakukan meditasi dengan bantuan aplikasi. Ketujuh, jangan mengkonsumsi alkohol maupun kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement