Advertisement

Virus Corona Ditemukan Telah Bermutasi di Malaysia, 10 Kali Lebih Menular

Newswire
Senin, 17 Agustus 2020 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Virus Corona Ditemukan Telah Bermutasi di Malaysia, 10 Kali Lebih Menular Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Virus Corona baru yang telah bermutasi dilaporkan ditemukan di Malaysia.

Saat para ilmuwan dan peneliti berusaha keras untuk menemukan pengobatan untuk Covid-19, Malaysia telah mendeteksi jenis virus corona baru yang dilaporkan 10 kali lebih menular.

Advertisement

Dilansir dari Times of India, menurut laporan terbaru, Institut Penelitian Medis Malaysia (MIMR) telah menemukan mutasi tipe D614G pada SARS-COV-2 yang teridentifikasi.

Temuan ini terungkap setelah melakukan isolasi dan tes kultur pada tiga kasus milik pasien dalam penyelidikan Sivagangga (PUI). ) Cluster dan case tambahan dari Cluster Ulu Tiram.

BACA JUGA: Penghuni Baru Indekos di Danurejan Mencurigakan, Ditemukan Sudah Meninggal

Dr Noor Hisham Abdullah yang merupakan direktur jenderal kesehatan Datuk membagikan di Facebook hari Minggu ini. Ia menyerukan tindakan pencegahan yang lebih besar karena virus Covid-19 dengan mutasi D614G telah terdeteksi di Malaysia.

Menurut postingan tersebut, mutasi pertama kali terdeteksi pada bulan Juli, dan dia merasa bahwa penelitian kemungkinan besar akan mengungkapkan bahwa vaksin yang ada saat ini akan dianggap tidak efektif melawan mutasi tersebut.

Dr Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases mengatakan bahwa mutasi baru dapat mempercepat penyebaran virus corona. Ini juga dapat membuat studi yang ada tentang vaksin tidak efektif dan tidak lengkap.

Dia telah berbicara di sebuah acara online pada awal Juli yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association (JAMA) dan dia mengatakan bahwa ada penelitian yang sedang berlangsung tentang mutasi tunggal yang memengaruhi asam amino tertentu yang memungkinkan virus untuk bereplikasi lebih cepat. dan menghasilkan viral load yang lebih tinggi.

Ingin tahu mengapa mutasi ini disebut mutasi D614G? Ini karena mutasi mengubah posisi asam amino pada 614, dan dari D (asam aspartat) menjadi G (glisin), oleh karena itu, D-614-G.

Sesuai penelitian yang diterbitkan di Cell press, mutasi tersebut kemungkinan tidak berdampak besar pada kemanjuran vaksin yang saat ini sedang dikembangkan.

“Masyarakat perlu waspada dan lebih berhati-hati karena jenis ini sekarang telah ditemukan di Malaysia. Kerja sama masyarakat sangat dibutuhkan agar kita bisa bersama-sama memutus rantai penularan dari mutasi apapun, ”tambah Dr Hisham dalam postingan media sosialnya.

Jumlah kasus baru di Malaysia meningkat dengan 26 kasus baru dilaporkan pada hari Sabtu, sebagian besar sejak 28 Juli dan 25 kasus baru pada hari Minggu. Hingga saat ini, Malaysia berhasil mencegah munculnya kembali virus tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement