Advertisement

Curi Ikan di Laut Natuna, 2 Kapal Vietnam Ditangkap

Newswire
Minggu, 19 Juli 2020 - 08:57 WIB
Sunartono
Curi Ikan di Laut Natuna, 2 Kapal Vietnam Ditangkap Ilustrasi Kapal Asing. - Myanmar Times

Advertisement

Harianjogja.com, NATUNA--KRI Yos Sudarso-353 sebagai kapal Markas Gugus Tempur Laut Koarmada I berhasil mengamankan dua kapal ikan Vietnam yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Laut Natuna Utara, Sabtu (18/7/2020).

KRI Yos Sudarso yang sedang berpatroli pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I mendeteksi dua kapal ikan yang dicurigai kapal ikan asing. Setelah didekati, dugaan itu benar yaitu kapal ikan Vietnam yang sedang melaksanakan kegiatan penangkapan ikan ilegal di Perairan Natuna Utara kurang lebih 25 nautical mile sebelah utara dari Pulau Sekatung.

Advertisement

BACA JUGA : Susi Buru 7 Kapal China yang Diduga Mencuri Ikan di Laut 

Dua kapal ikan Vietnam dengan nomor lambung BV 0274 TS dan BV 0887 TS tidak dapat mengelak setelah didekati KRI Yos Sudarso-353. Pasalnya, alat tangkap berupa jaring trawl yang dia miliki sedang ditebar. Hal ini merupakan bukti kuat bahwa dua kapal tersebut sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal di Perairan Indonesia.

Komandan KRI Yos Sudarso-353 Letkol Laut (P) Maman Nurrohman dalam keterangan perssnya menyatakan hal ini merupakan wujud komitmen prajurit KRI dalam mengamankan wilayah Perairan NKRI di Natuna.

"Kedua kapal ikan Vietnam dengan ABK sejumlah 10 orang WN Vietnam digelandang ke Lanal Ranai untuk menjalankan pemeriksaan lebih lanjut," kata Letkol Maman dikutip dari Sindonews.

BACA JUGA : Kapal China Masuk Laut Natuna, Susi Pudjiastuti: Kalian Mau

Sementara itu, Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir telah memerintahkan agar seluruh abk kapal ikan Vietnam yang tiba di Pangkalan Angkatan Laut Ranai diperiksan kesehatannya sesuai dengan protokol penanganan Covid-19.

"Dan barang yang dibawa maupun kapal yang digunakan disterilkan dengan disemprot disinfektan dan diyakinkan ke 10 ABK tidak membawa wabah ke Natuna," kata Letkol Dofir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : inews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement