Putra Pramono Anung Jadi Calon Bupati Kediri

Pramono Anung - Antara
18 Juli 2020 04:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramana, mencalonkan diri sebagai calon Bupati Kediri.

Hanindhito dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Dia akan berpasangan dengan Dewi Mariya Ulfa yang merupakan Ketua Fatayat Nahdlatul Ulama Kediri, untuk bertarung dalam Pilkada 2020.

"Kabupaten Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Politik dan Keamanan PDIP Puan Maharani membacakan rekomendasi, Jumat, (17/7/2020).

Sebelumnya, Sekretaris PDIP Jawa Timur Sri Untari mengaku mendatangi Pramono Anung dan Hanindhito di Jakarta awal tahun ini. Mereka meminang Hanindhito menjadi calon bupati Kediri. Menurut Sri Untari, Pramono dan Hanindhito tak serta merta mengiyakan permintaan tersebut.

Namun demikian, kala itu jawaban tak kunjung diberikan oleh Pramono maupun Hanindhito yang akrab disapa Dhito.

Jawaban baru diperoleh PDIP setelah Ketua PDIP Jawa Timur Kusnadi mengajak Dhito bertandang ke rumah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, pada pertengahan Maret lalu.

Di Kediri, PDIP berkuasa sejak 20 tahun lalu. Kekuasaan dimulai pada 1999 ketika salah satu kader partai banteng, Sutrisno memimpin Kediri. Sutrisno berkuasa selama dua periode. Setelah jabatannya habis, Ketua PDIP Kediri ini mengajukan istrinya, Haryanti sebagai calon bupati.

Sutrisno juga memasang istrinya yang lain, Nurlaila, sebagai lawan. Haryanti menang dan menjabat Bupati Kediri untuk periode 2010-2015. Haryanti pun kembali terpilih untuk kedua kalinya, yang membuatnya memimpin Kabupaten Kediri hingga 2021 nanti.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia