Advertisement

Menhub Didiagnosis Tifus sebelum Ketahuan Positif Covid-19

Newswire
Sabtu, 16 Mei 2020 - 15:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menhub Didiagnosis Tifus sebelum Ketahuan Positif Covid-19 Menhub Budi Karya Sumadi. - ANTARAFOTO/Rossa Panggabean

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi atau Menhub Budi sempat menjadi pasien positif Covid-19. 

Berbicara dalam diskusi di Instagram Live bersama @tempodotco, Sabtu (16/5/2020), Menhub Budi Karya Sumadi mengaku saat itu dirinya tak langsung dinyatakan positif Covid-19.

Advertisement

Ia mengatakan sakit yang dideritanya memiliki gejala seperti tifus hingga akhirnya ia didiagnosis dengan penyakit tersebut. Diagnosis tifus keluar tiga hari sebelum kondisinya semakin memburuk.

"Saya dinyatakan tifus, tapi ada indikasi radang paru-paru. Malam itu masuk ke satu ruangan, dibuat tidak sadar sehingga ada terapi tertentu. Pada saat masuk RS saya belum tahu, saya Covid-19," papar Menhub Budi.

Sebelumnya, Menhub Budi mengatakan bahwa ia sempat tidak mampu menaiki tangga rumah untuk menuju kamarnya. Kamar Menhub Budi sendiri berada di lantai 2, sengaja sebagai sarana melatih fisik.

"Saya pikir saya pernah tifus, lebih parah dari tifus. Cuma tifus biasanya kita merasa menggigil sore malam, tapi ini bisa beraktivitas, dinyatakan tifus tidak mengigil malam dan tidak mampu naik tangga," kata Menhub Budi.

Karena tidak mampu menaiki tangga, ia dan keluarga akhirnya memutuskan guyub tidur bersama di lantai satu selama beberapa hari. Hingga akhirnya kondisinya memburuk, Menhub Budi langsung dirawat ke rumah sakit RSPAD Gatot Soebroto.

Ketika dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19, ia mengaku cukup kaget. Ia juga mengatakan nikmat sembuh yang dialaminya merupakan sebuah mukjizat. Apalagi ia sempat dibuat tak sadarkan diri hingga 14 hari demi upaya pengobatan.

"Bisa dikatakan mukjizat bisa dibayangkan satu proses yang panjang dan tidak mudah. Saya juga harus berterimakasih pada semua pihak, anak, istri kakak adik yang selalu mendoakan, alumni SMA ikut mendoakan," katanya lagi.

Total selama 18 hari Menhub Budi menggunakan ventilator, untuk kemudian dilepas dan menjalani perawatan intensif hingga dinyatakan sembuh total dari infeksi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement