Advertisement

Ada Bekas Luka di Tangan Kim Jong Un Saat Muncul Kembali di Hadapan Publik

Newswire
Minggu, 03 Mei 2020 - 16:17 WIB
Nina Atmasari
Ada Bekas Luka di Tangan Kim Jong Un Saat Muncul Kembali di Hadapan Publik Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. - Reuters

Advertisement


Harianjogja.com, PYONGYANG- Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, tampil ke hadapan publik pada Sabtu (02/05/2020), setelah sempat menghilang dan diisukan meninggal usai menjalani operasi kardiovaskular.

Kemunculan pria berusia 38 tahun itu secara tiba-tiba tentu mengejutkan masyarakat.

Advertisement

Dilansir dari New York Post yang mengutip NK News, Kim Jong Un tampil perdana setelah menghilang selama tiga minggu dengan sebuah tanda di pergelangan tangan kanannya.

Apa yang tampak sebagai bekas luka atau bekas operasi itu terlihat dalam video Kim yang dirilis oleh media pemerintah pada Sabtu (02/05/2020)

Seorang profesional medis Amerika mengatakan kepada NK News bahwa tanda itu mungkin bekas luka dari prosedur kardiovaskular baru-baru ini. Sebab mungkin terdapat prosedur tusukan arteri radialis kanan, yang dilakukan untuk mendapatkan sampel darah untuk dianalisis.

Diketahui, Kim berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung. Ayah dan kakeknya meninggal karena serangan jantung.

Kim Jong Un sendiri memiliki riwayat obesitas dan merupakan seorang perokok berat yang bisa menghabiskan 4 bungkus sehari.

Rekaman itu juga menunjukkan Kim tersenyum ketika dia berjalan, berbicara dan merokok pada pembukaan pabrik pupuk Jumat. Di sisinya adalah adik perempuannya, Kim Yo-Jong, yang para ahli percaya akan menggantikan kakaknya.

Keduanya tidak memakai masker wajah di tengah pandemi corona. Lautan penonton, yang semuanya memakai masker wajah pun bersorak. "Semua peserta kembali bersorak gemuruh 'hore,'" kata Kantor Berita Pusat Korea Utara dalam sebuah pernyataan.

Ini bukan kali pertama Kim Jong Un menghilang dan muncul kembali ke publik. Pada 2014, ia menghilang selama sebulan, memicu spekulasi kudeta. Dia lalu muncul berjalan dengan tongkat, membutuhkan bantuan setelah operasi pergelangan kaki.

Kali ini, ketidakhadiran Kim yang paling mencolok adalah pada 15 April ketika dia tidak hadir untuk perayaan ulang tahun Kim al Sung, kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara.

Ketidakhadiran di acara sebesar itu membuat desas-desus meninggal menggebrak. Namun, kemunculan Kim Jong Un akhirnya mematahkan rumor bahwa penguasa Korea Utara ini meninggal dunia seusai menjalani operasi jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ramai Aksi Lempar Sampah ke Truk, Pemkot Jogja Sebut Kesadaran Warga untuk Buang Sampah Tinggi

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement