Advertisement

Masjid di Jawa Barat Mulai Tiadakan Salat Berjamaah

Newswire
Rabu, 18 Maret 2020 - 10:27 WIB
Nina Atmasari
Masjid di Jawa Barat Mulai Tiadakan Salat Berjamaah Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, BOGOR - Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, masjid-masjid di Jawa Barat tutup sementara dari aktivitas salat berjamaah, sampai kegiatan agama lainnya. Termasuk meniadakan salat Jumat.

Hanya saja itu inisitif dari pengurus masjid. Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) belum mengeluarkan kebijakan resmi terkait penutupan rumah ibadah termasuk masjid sampai kini.

Advertisement

"Jika ada yang menyatakan ditutup, itu adalah inisiatif pengurus rumah ibadah atau DKM masing-masing dalam menyikapi situasi hari ini," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam laman Instagram pribadinya, Rabu (18/3/2020).

Ridwan Kamil saat ini masih melakukan kajian terkait dibuka atau ditutupnya rumah ibadah terkait pandemi virus Corona.

"Masalah masih dikaji dengan para ulama dan pihak yang berkepentingan," katanya.

Sebelumnya, DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jabar untuk sementara waktu tidak menyelenggarakan salat Jumat dan salat wajib secara berjemaah sampai aman Covid-19.

Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muhtar Gandaatmaja megkonfirmasi kabar tersebut. Dia mengatakan, aturan itu akan terus diberlakukan hingga pemerintah setempat menyatakan daerahnya aman dari virus corona.

"Iya betul (ada pembatasan ibadah). Sampai ada pengumuman resmi dari Pemprov Jabar dan Wali Kota Bandung," ungkapnya ketika dihubungi, Selasa (17/3/2020).

Selain Masjid Raya Bandung, masjid lainnya yang juga menerapkan kebijakan khusus terkait salat berjemaah adalah Masjid Salman ITB. Mulai hari ini, masjid tersebut memberlakukan social distancing dalam salat dengan melewati satu saf jemaah dalam salat berjemaah.

"Mulai diberlakukan sejak salat berjemaah Zuhur tadi. Di kiri, kanan, depan dan belakang diberi jarak," ungkap anggota Satgas Salman untuk virus corona, Salim, ketika dihubungi.

Dia mengatakan, pihaknya masih berdiskusi perihal peniadaan salat Jumat dan salat fardu berjemaah. Untuk sementara waktu, salat dengan jarak khusus tersebut akan terus diterapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement