Advertisement

Glagah Tropicolorun, Cara Pemerintah Ajak Masyarakat Mencintai Olahraga Lari

Lajeng Padmaratri
Senin, 03 Februari 2020 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Glagah Tropicolorun, Cara Pemerintah Ajak Masyarakat Mencintai Olahraga Lari

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Guna mempromosikan gaya hidup sehat dan kegemaran berolahraga di masyarakat, Dinas Pariwisata Kulonprogo menyajikan atraksi wisata, Glagah Tropicolorun. Di tahun ketiganya, Glagah Tropicolorun kembali mengajak kaum milenial dan keluarga untuk mencintai olahraga lari.

Kepala Seksi Atraksi Wisata Dinas Pariwisata Kulonprogo Samsul M. Hilal menuturkan kegiatan ini akan mengajak pelari untuk mengikuti lomba lari sepanjang 5 km. "Konsep kami masih fun-run, tapi ingin gradenya kami naik di antara penggemar lari, nggak hanya fun-run tapi nantinya bisa jadi marathon," kata Samsul dalam jumpa pers dengan awak media di Ruang Pertemuan Dinpar Kulonprogo, Senin (3/2/2020).

Advertisement

Glagah Tropicolorun akan diselenggarakan di pinggir Pantai Glagah, Kapanewon Temon pada Minggu (9/2/2020) mendatang. Uniknya, karena dilakukan di pinggir pantai, pelari akan melewati separuh jalan aspal dan separuh jalan berpasir. Hal ini menjadi tantangan tersendiri lantaran berlari di atas pasir jauh lebih sulit dibanding di atas aspal.

Samsul menuturkan adanya kenaikan peserta setiap tahunnya. Pada 2018 sebanyak 1.300 peserta dan naik menjadi 1.500 peserta pada 2019. "Tahun ini kita targetkan 2.000 peserta lari," jelasnya.

Selain mempromosikan gaya hidup sehat, Samsul juga berharap ajang ini bisa membangkitkan kembali komunitas lari di Kulonprogo. "Akhir-akhir ini komunitas lari di Kulonprogo agak meredup, lewat ini kami ingin bangkitkan kembali," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Niken Probo Laras menuturkan even lari ini juga menjadi upaya menyasar wisatawan untuk datang ke DIY saat low season, khususnya Kulonprogo. "Kami kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri DIY, kebijakan dari mereka juga sampai memberi diskon bagi hotel sampai 60 persen supaya low season ini ramai wisatawan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pegagan Berpotensi Memperbaiki Daya Ingat, Guru Besar UGM: Meningkatkan Dopamin

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement