Kemenlu RI Segera Evakuasi WNI dari Hubei China

Jalan kosong terlihat di Wuhan, provinsi Hubei, China, Selasa (28/1/2020). - Instagram/Emilia via Reuters
30 Januari 2020 20:17 WIB Denis Riantiza Meilanova News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Luar Negeri menyatakan pemerintah China siap memfasilitasi pemulangan WNI dari wilayah terdampak virus Novel Corona (2019-nCoV) di Provinsi Hubei.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tetap menjalin komunikasi dengan KBRI Beijing, terutama wilayah yang terdampak virus corona. Saat ini, tim KBRI Beijing sudah berada di dekat wilayah terdampak untuk membantu fasilitasi proses tersebut di lapangan.

Kemenlu menyebutkan KBRI telah meminta para WNI di Hubei untuk menyiapkan dokumen perjalanan dan administratif lainnya. Sebab, pemerintah RI akan segera memulangkan WNI dari Hubei dalam waktu dekat.

Mengutip keterangan resmi, pada Kamis (30/1/2020) tertulis, pemerintah Indonesia sedang mematangkan kesiapan di dalam negeri dan memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari tujuh titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di lokasi penjemputan (Bandara di Wuhan).

Perencanaan tersebut dilakukan agar tidak ada hambatan saat proses pemulangan diaktifkan. Dalam upaya evakuasi ini, Kemenlu menjalin kerja sama dengan berbagai instansi terkait di dalam negeri antara lain TNI, Kementerian Kesehatan, dan Imigrasi.

"Tugas utama Kementerian Luar Negeri RI adalah untuk memudahkan penjemputan dan membawa para WNI ke Tanah Air. Di dalam negeri, instansi terkait lain yang akan memfasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi mereka," tulis Kemenlu.

Adapun jumlah WNI yang tinggal di Provinsi Hubei sebanyak 243 orang. WNI yang mayoritas merupakan mahasiswa tersebut tersebar di Wuhan, Xianing, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia