Advertisement

Kemenlu RI Segera Evakuasi WNI dari Hubei China

Denis Riantiza Meilanova
Kamis, 30 Januari 2020 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
Kemenlu RI Segera Evakuasi WNI dari Hubei China Jalan kosong terlihat di Wuhan, provinsi Hubei, China, Selasa (28/1/2020). - Instagram/Emilia via Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Luar Negeri menyatakan pemerintah China siap memfasilitasi pemulangan WNI dari wilayah terdampak virus Novel Corona (2019-nCoV) di Provinsi Hubei.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tetap menjalin komunikasi dengan KBRI Beijing, terutama wilayah yang terdampak virus corona. Saat ini, tim KBRI Beijing sudah berada di dekat wilayah terdampak untuk membantu fasilitasi proses tersebut di lapangan.

Advertisement

Kemenlu menyebutkan KBRI telah meminta para WNI di Hubei untuk menyiapkan dokumen perjalanan dan administratif lainnya. Sebab, pemerintah RI akan segera memulangkan WNI dari Hubei dalam waktu dekat.

Mengutip keterangan resmi, pada Kamis (30/1/2020) tertulis, pemerintah Indonesia sedang mematangkan kesiapan di dalam negeri dan memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari tujuh titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di lokasi penjemputan (Bandara di Wuhan).

Perencanaan tersebut dilakukan agar tidak ada hambatan saat proses pemulangan diaktifkan. Dalam upaya evakuasi ini, Kemenlu menjalin kerja sama dengan berbagai instansi terkait di dalam negeri antara lain TNI, Kementerian Kesehatan, dan Imigrasi.

"Tugas utama Kementerian Luar Negeri RI adalah untuk memudahkan penjemputan dan membawa para WNI ke Tanah Air. Di dalam negeri, instansi terkait lain yang akan memfasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi mereka," tulis Kemenlu.

Adapun jumlah WNI yang tinggal di Provinsi Hubei sebanyak 243 orang. WNI yang mayoritas merupakan mahasiswa tersebut tersebar di Wuhan, Xianing, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement