Advertisement

Hasil Penelitian Tim Investigasi, Wabah Virus Corona Berasal dari Pasar Seafood dan Hewan Basah

Saeno
Selasa, 28 Januari 2020 - 12:47 WIB
Nina Atmasari
Hasil Penelitian Tim Investigasi, Wabah Virus Corona Berasal dari Pasar Seafood dan Hewan Basah Seorang perempuan menggunakan masker saat berjalan bersama rekannya di Chinatown di wilayah Manchester, Inggris, Senin (27/1/2020). - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Virus Corona mewabah di Wuhan, China dan terus merambah sejumlah negara di dunia. Sejauh ini di media sosial beredar kabar bahwa wabah virus corona terkait dengan konsumsi kelelawar. Betulkah demikian?

Tim Investigasi dan Penelitian Koronavirus baru terkait pasien pneumonia di China pada 2019 memaparkan hasil kerja mereka seperti dimuat di The New England Journal of Medicine.

Advertisement

Tim beranggotakan Na Zhu, Ph.D., Dingyu Zhang, MD, Wenling Wang, Ph.D., Xinwang Li, MD, Bo Yang, MS, Lagu Jingdong, Ph.D., Xiang Zhao, Ph.D., Baoying Huang, Ph.D., Weifeng Shi, Ph.D., Roujian Lu, MD, Peihua Niu, Ph.D., Faxian Zhan, Ph.D., dkk. itu memaparkan sejumlah informasi menarik.

Disebutkan bahwa pada Desember 2019, sejumlah pasien penderita pneumonia yang penyebabnya tidak diketahui dikaitkan dengan pasar grosir makanan laut di Wuhan, China.

Tiga pasien dewasa menderita pneumonia berat dan dirawat di rumah sakit di Wuhan pada 27 Desember 2019.

Pasien pertama adalah wanita berusia 49 tahun, pasien kedua pria berusia 61 tahun, dan pasien ketiga pria berusia 32 tahun.

Pada 23 Desember 2019 pasien pertama yang tidak memiliki kondisi medis kronis yang mendasari mengeluh demam (suhu, 37 ° C hingga 38 ° C) dan batuk dengan rasa tidak nyaman di dada.

Empat hari setelah timbulnya penyakit, batuk dan rasa tidak nyaman di dadanya memburuk, tetapi demamnya berkurang.

Diagnosis pneumonia didasarkan pada pemindaian komputasi tomografik (CT scan). Pekerjaan pasien adalah pengecer di pasar grosir makanan laut.

Pasien kedua awalnya melaporkan demam dan batuk pada 20 Desember 2019, gangguan pernapasan berkembang 7 hari setelah timbulnya penyakit dan memburuk selama 2 hari berikutnya. Dia telah sering berkunjung ke pasar grosir makanan laut.

Pasien pertama dan ketiga pulih dan dipulangkan dari rumah sakit pada 16 Januari 2020. Profil klinis pasien ketiga tidak diketahui.

Pasien kedua meninggal pada 9 Januari 2020. Tidak ada spesimen biopsi yang diperoleh dari pasien yang meninggal.

Pada 31 Desember 2019, Pusat Penyakit China Control and Prevention (China CDC) mengirim tim respons cepat untuk menemani otoritas kesehatan provinsi Hubei dan kota Wuhan melakukan penyelidikan epidemiologi dan etiologi.

"Hasil penyelidikan ini mengidentifikasi sumber cluster pneumonia, dan menggambarkan coronavirus baru terdeteksi pada pasien dengan pneumonia yang spesimennya diuji oleh CDC China pada tahap awal wabah. Kami juga menggambarkan gambaran klinis pneumonia pada dua pasien ini," ujar tim tersebut.

Disebutkan bahwa pada kasus ini ditemukan adanya Betacoronavirus, yang sebelumnya tidak diketahui. Virus tersebut ditemukan setelah dilakukan penelitian pada sampel pasien penderita pneumonia. Sel epitel saluran napas manusia digunakan untuk mengisolasi virus corona baru yang diberi nama 2019-nCoV, yang membentuk kelompok taksonomi lain dalam subgenus sarbecovirus, subfamili Orthocoronavirinae.

Berbeda dari MERS-CoV dan SARS-CoV, 2019-nCoV adalah anggota ketujuh dari keluarga virus corona yang menginfeksi manusia.

Pengawasan ketat dan penyelidikan lebih lanjut sedang berlangsung didanai oleh Program Penelitian dan Pengembangan Utama Nasional Tiongkok dan Proyek Utama Nasional untuk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular di Tiongkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement