Aneh, Sungai di Sidoarjo Ditutupi Busa Putih

Buih busa yang ada du Sungai Sumput, Sidoarjo, Jawa Timur. - Antara
18 Januari 2020 21:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SIDOARJO - Fenomena aneh terjadi di Sidoarjo. Busa putih menutupi permukaan jalur sungai sepanjang sekitar satu kilometer di Desa Sumput, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Warga pun berdatangan untuk menyaksikannya.

Pada Sabtu (18/1/2020), sejumlah warga datang untuk melihat sungai yang permukaannya tertutup busa putih, yang dari jauh terlihat seperti salju.

Menurut warga setempat, busa mulai menutupi permukaan sungai yang berada tidak jauh dari Jalan Raya Sumput tersebut pada Jumat (17/1/2020) dan bertambah banyak pada Sabtu. (18/1/2020).

"Kalau biasanya airnya cenderung cokelat dan berbau, kini tidak bau, tetapi buih, busa menutupi permukaan sungai," kata Hadi P, warga setempat.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Sidoarjo turun tangan mengatasi masalah itu.

"Mungkin bisa dilakukan tindakan, karena kami juga tidak tahu apakah ada ikannya yang mati atau tidak akibat luapan buih busa itu, tepatnya sejak di DAM Sumput ke arah timur," katanya.

Pelaksana Tugas Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan bahwa Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) akan memeriksa kondisi sungai di Desa Sumput.

"Kalau bisa hari ini DLHK turun ke lapangan untuk melihat dan mengambil contoh buih busa dari sungai itu," katanya.

"Kalau itu nantinya ada pelanggaran, harus dilakukan penindakan," ia menambahkan.

 

Sumber : Antara