Rumah 'Raja' Keraton Agung Sejagat di Jakarta Kebakaran & Punya Utang Rp1,3 Miliar

Raja Keraton Sejagat - ist
17 Januari 2020 05:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jejak Raja Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso, tersebar di beberapa daerah. Ia diketahui pernah tinggal di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Namun jejaknya di Ancol, Jakarta Utara tidak seindah di 'kerajaannya' di Purworejo, Jawa Tengah. Di Ancol, kehidupan Toto justru jauh dari kesan mewah kerajaan.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, pihaknya telah menelusuri alamat tinggal Toto yang tertera pada KTP-nya.

"Kalau alamatnya sesuai KTP itu di Jl Mangga Dua VIII RT 012 RW 005, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara," ujar Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto kepada Detikcom, Kamis (16/1/2020).

Budhi mengatakan Toto tinggal di wilayah RW 005 Kelurahan Ancol, tepatnya di daerah Kampung Dao, Ancol, Jakarta Utara. Secara geografis, wilayah Dao sudah hilang karena kebakaran yang ikut menghanguskan rumahnya.

"Tidak ada rumah warga penduduk di Dao pasca-kejadian kebakaran tahun 2016," tuturnya.

Karena kehilangan rumah akibat kebakaran itu, Toto tidak memiliki rumah lagi. Dia pun hidup di bedeng.

"Iya di bedeng di pinggir rel Kampung Bandan," ucapnya.

Kehidupan Toto di Ancol, Jakarta Utara jauh dari kesan sebagai 'raja' sebagaimana klaimnya. Toto bahkan disebut-sebut memiliki utang hingga Rp1,3 miliar.

Hal ini terungkap setelah polisi melakukan pengumpulan bahan keterangan di tempat tinggal Toto. Di sana, polisi meminta keterangan soal riwayat Toto kepada Puji Hariyati selaku Ketua RW 005 dan Manaf selaku Ketua RT 012 RW 005 Kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

"Berdasarkan keterangan Bapak Manaf, yang bersangkutan sekitar tahun 2015 pernah meminta bantuan kepadanya untuk pindah alamat ke daerah Cawang, Jakarta Timur," jelas Budhi.

Sumber : detik.com