Advertisement

Korban Jiwa Akibat Banjir Jabodetabek Jadi 67 Orang, Satu Hilang

Rayful Mudassir
Senin, 06 Januari 2020 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Korban Jiwa Akibat Banjir Jabodetabek Jadi 67 Orang, Satu Hilang Warga korban banjir mengungsi di Gelanggang Olahraga Pengadegan, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Sebanyak 1.424 warga terdampak banjir mengungsi di posko yang telah disiapkan di beberapa lokasi. - Antara/Reno Esnir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jumlah korban jiwa akibat banjir di Jabodetabek dan sekitarnya terus bertambah. Hingga kini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat korban jiwa menjadi 67 orang. Selain itu, satu korban masih hilang.

Korban tersebut bertambah tujuh orang dari data sebelumnya sejumlah 60 orang korban. Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan korban meninggal karena banjir lima orang di Kota Tangerang dan satu orang meninggal di pengungsian di Kabupaten Bogor.

Advertisement

“Korban yang sebelumnya dinyatakan hilang telah diketemukan oleh Tim SAR Gabungan dan dinyatakan meninggal di Kabupaten Lebak” katanya melalui keterangan resmi, Senin (6/1/2020).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, genangan air masih ada di beberapa wilayah, yaitu Kabupaten Bekasi 20-30 cm, Kota Bekasi 20-60 cm, Kabupaten Bogor 20-30 cm dan Jakarta Barat 20-150 cm.

Walaupun genangan air kian surut, namun terjadi penambahan jumlah pengungsi sebesar 917 jiwa menjadi 36.419 jiwa dan titik pengungsian pada beberapa wilayah antara lain Kabupaten Bekasi 3 titik dan Kota Bekasi 75 titik.

Selain itu, Kabupaten Bogor 27 titik, Kota Tangerang Selatan 1 titik, Jakarta Timur 1 titik, Jakarta Barat 5 titik, Jakarta Selatan 1 titik, Jakarta Utara 1 titik, Kabupaten Lebak 8 titik dan Kota Depok 6 titik.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dengan potensi curah hujan tinggi hingga sepekan kedepan,” terangnya.

Kepala BNPB Doni Monardo menegaskan Pemerintah Daerah dan BPBD harus aktif dalam menginformasikan peringatan dini cuaca terkini dari BMKG kepada masyarakat untuk meningkatkan kewasapdaan dan kesiapsiagaan.

Ketujuh korban tersebut adalah:

1. Aceng Ismail (52/L) Kota Tangerang

2. Nining (75/P) Kota Tangerang

3. Rosdiana (60/P) Kota Tangerang

4. Fatir (14/L) Kota Tangerang

5. John Andreas (14/L) Kota Tangerang

6. Emah (65/P) Kabupaten Bogor

7. Rizki (7/L) Kabupaten Lebak

Sementara itu, korban yang hilang dan belum diketemukan atas nama Muhadi (35) Kabupaten Lebak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement