Dibagikan Politikus PSI, Foto Anies Cengar-cengir Selfie saat Banjir Jakarta 2020 ternyata Hoaks

Postingan Guntur Romli soal foto Anies Baswedan dan Bima Arya-twitter - @GunRomli)
02 Januari 2020 19:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Banjir Jakarta turut diwarnai dengan menyebarkan foto hoaks.

Politikus PSI Mohamad Guntur Romli mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bersama Wali Kota Bogor Bima Arya.

Dalam foto tersebut terlihat Anies dan Bima Arya berswafoto menggunakan ponsel di depan Bendung Katulampa. Gubernur ibu kota ini tampak tersenyum ke arah kamera.

Guntur Romli mengunggah foto Anies bersama Bima Arya ini pada Kamis 2 Januari 2020. Ia pun menambahkan narasi sebagai berikut.

"Cengar cengir selfie di tengah warga Jakarta yang kebanjiran."

Unggahan Guntur Romli ini telah mendapatkan 296 retweet dan 756 like dari warganet Twitter saat tangkapan layar diambil.

Benarkah Anies Baswedan Cengar-Cengir saat Banjir Jakarta terjadi tahun 2020?

Berdasarkan penelusuran Suara.com-jaringan Harianjogja.com, foto Gubernur Anies Baswedan bersama Wali Kota Bogor Bima Arya di depan Bendung Katulampa ini bukan diproduksi pada tahun 2020.

Swafoto Anies dan Bima Arya ini telah terjadi pada tahun 2018.

Menggunakan reverse image, foto yang serupa dengan yang dibagikan oleh Guntur Romli banyak ditemukan di internet.

Foto-foto tersebut dirilis oleh berbagai media daring. Seperti Kumparan yang melaporkan kunjungan Anies ke Bendung Katulampa ini dalam berita berjudul "Saat Anies dan Bima Arya Ajak Warga Selfie di Bendung Katulampa, Bogor" yang terbit pada 12 Februari 2018.

Anies bersama Bima meninjau lokasi Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Bogor, pada Senin (12/2/2018) untuk memantau ketinggian air.

Foto dengan sudut pengambilan yang lain juga dimuat oleh Tribunnews Bogor dalam berita berjudul "Naik ke Atas Pagar Pembatas Bendung Katulampa, Anies Baswedan dan Bima Arya Selfie" yang diterbitkan pada Senin (12/12/2018).

Suara.com juga memberitakan kunjungan Anies dan Bima Arya ke Bendung Katulampa pada saat itu.

Dalam berita berjudul "Demi Selamatkan Jakarta dari Banjir, Anies Rela Lakukan Apa Saja" yang terbit pada Senin (12/12/2018), Anies dan Bima juga terlihat memakai baju yang sama dengan foto yang diunggah oleh Guntur Romli.

Foto Anies dan Bima Arya yang diunggah oleh Guntur Romli bukan terjadi pada tahun 2020. Foto asli merupakan kejadian di tahun 2018.

Narasi yang menyebut Anies 'cengar-cengir' di tengah warga Jakarta yang kebanjiran juga tidak tepat. Dengan demikian konten ini termasuk dalam kategori False context (konteks keliru).

Sumber : Suara.com