Advertisement

Wujudkan Mutu Pendidikan, YPA-MDR Gelar Forum Komunikasi Sekolah Binaan

Media Digital
Senin, 02 Desember 2019 - 18:12 WIB
Bhekti Suryani
Wujudkan Mutu Pendidikan, YPA-MDR Gelar Forum Komunikasi Sekolah Binaan Acara Forum Komuniaksi Sekolah Binaan (FKSB) ke- VI di Jakarta 29 November lalu. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Dalam nuansa Hari Guru Nasional yang disperingati pada 25 November lalu seraya tindak nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) selenggarakan Forum Komuniaksi Sekolah Binaan (FKSB) ke- VI di Jakarta 29 November lalu.

Seiring dengan bertambahnya wilayah binaan YPA-MDR, sehingga Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) sangat perlu dan penting untuk diselenggarakan demi terjalin komunikasi serta meningkatkan sinergitas yang baik antara YPA-MDR, Pemerintah dan Sekolah.

Advertisement

Ketua Pengurus YPA-MDR , Herawati Prasetyo mengatakan “Menapaki tahun ke-6 rangkaian penyelenggaraan FKSB kali ini mengusung tema “SDM CERDAS WUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL” yang dilaksanakan pada 28-30 November 2019 dan diharapkan dapat menjadi wadah para peserta untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman serta berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi sekolah agar terwujud Sekolah Binaan Astra sebagai Sekolah Kebanggaan Bangsa “Pride of the Nation”.

Mengingat pentingnya motivasi dan sinergi pendidik dalam pembelajaran, diharapkan FKSB yang ke enam ini dapat membangkitkan motivasi dan menginspirasi peserta yang hadir agar tercipta terobosan atas keberhasilan proses belajar mengajar oleh para pendidik dan semakin kuatnya keadaan komite sekolah untuk proses pendidikan.

Herawati menambahkan “Pada kesempatan ini juga kita akan mengevaluasi kembali Komitmen sekolah binaan 2018/2019 yang telah dibuat pada FKSB Ke Lima (V) sebelumnya. Komitmen tersebut merupakan tanggung jawab sekolah yang harus dicapai selama satu tahun kedepan, sehingga harus disusun dan diimplementasikan dengan benar, yang disaksikan juga oleh Komite Sekolah binaan. Harapan kami, seluruh komitmen tersebut dapat meningkatkan kinerja dan prestasi sekolah binaan”.

Selain itu, seiring dengan tema “SDM CERDAS WUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL” FKSB VI ini akan menghadirkan berbagai narasumber inspiratif yang dapat mendukung tema tersebut serta pemberian apresiasi untuk sekolah binaan dengan kategori:

1.Kepala Sekolah Inspiratif
•Sugeng Sriyanta – SDN 1 Merbau Mataram, Lampung Selatan

2.Kepala Sekolah dengan management sekolah terbaik
•Yeni Nuraeni – SDN Gempol, Serang

3.Guru Inspiratif
•Baitsaida Sophia Soeki – SDNI Bokong I, Kupang
•Suhartini – SMPN 1 Tanjungsari, Lampung Selatan
•Heri Kurniawati – SMKN 1 Pandak, Bantul

4.Sekolah dengan Keindahan, Kebersihan & Ketertiban (K3) Terbaik
•SMPN 3 Rote Barat, Rote Ndao

5.Sekolah Dasar dengan maintenance terbaik,
•SDN Karyasari 3, Bogor
•SDN 1 Mulyosari, Lampung Selatan
•SDN 1 Merbau Mataram, Lampung Selatan
•SDN Hegarmanah, Bogoor
•SDN 1 Triharjo, Lampung Selatan
• SDN 3 Kertosari, Lampung Selatan

6.Sekolah Menengah dengan maintenance terbaik
•SMPN 4 Pandak, Bantul
•SMPN 2 Donorojo, Pacitan
•AMKN 1 Pandak, Bantul

7.Wilayah binaan dengan pencapaian komitmen terbaik
•Area Leuwiliang, Bogor
•Area Donorojo, Pacitan
•Area Cikande, Serang

8.Komite Sekolah Terbaik
•Paguyuban Komite Sekolah Wilayah Pandak, Bantul
Berbagai progres positif dan membanggakan pada 2019 ini, diantaranya :

1.Hasil asesmen yang menunjukkan peningkatan status Sekolah menjadi Unggul
2.Jumlah Sekolah binaan mencapai akreditasi A sebanyak 46%
3.Mengikuti 86 kompetisi tingkat Kabupaten, Porvinsi dan Nasional
4.Peningkatan yang kemampuan guru binaan dalam menyusun karya ilmiah, baik PTK maupun Inovasi Pembelajaran.
5.Untuk bidang Seni Budaya, Sekolah binaan YPA-MDR telah meraih prestasi di Pekan Kebudayaan Nasional dan FLS2N. Tahun ini juga YPA-MDR menginisiasi pembentukan Sanggar Anak Seni Nusantara.
6.Pemberdayaan komite sekolah binaan YPA-MDR juga sangat berperan terhadap keberlangsungan program peningkatan pendidikan.

YPA-MDR juga telah melaksanakan beberapa kegiatan inovatif dalam upaya mewujudkan sekolah unggul yang berwawasan global, sebagai bagian dari “Pride of the Nation” yang dicanangkan oleh ASTRA diantaranya :
1.ICT based school, yang telah diimplementasikan pada sekolah binaan yang berstatus unggul dengan aplikasi SIMAK untuk digitalisasi sistem administrasi dan informasi sekolah.
2.ISO 9001 untuk standarisasi manajemen sekolah mengacu pada standar internasional.
3.Guru binaan sukses dalam Lomba Karya Inovasi Astra dan INOBEL tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pusat.
4. Pelatihan Matematika GASING telah menghasilkan guru tersertifikasi dan melakukan pengimbasan ke wilayah binaan.
5.Program Guru Muda sebagai salah satu strategi akselerasi sekolah binaan di Kabuaten Kupang dan Rote.
6.Seminar Nasional yang didahului dengan Seminar daerah secara serentak. Seminar ini sebagai bentuk pengimbasan terstruktur para guru dalam meningkatkan sistem pembelajaran yang lebih optimal sekaligus kemampuan dalam melakukan penelitian ilmiah.

YPA-MDR secara konsisten berinovasi rangka peningkatan mutu pendidikan di wilayah pra sejahtera. Program-program inovasi itu diantaranya :
1.Membangun Web Portal YPA-MDR Net untuk digitalisasi sistem administrasi, informasi dan komunikasi dalam rangka memenuhi kebutuhan data informasi yang lebih cepat dan tepat.
2.Membangun School Collaboration System (SCS) untuk mengembangkan literasi digital yang nantinya dapat diakses oleh seluruh sekolah binaan. SCS ini akan mendukung terintegrasinya sistem informasi yang dibutuhkan dalam pembelajaran oleh semua guru binaan di semua area .
3.Melakukan program Lepas Landas (TAKE OFF), yaitu pemandirian utamanya bagi sekolah-sekolah yang telah berstatus Unggul.

4.Mendukung program literasi, kami melakukan pelatihan jurnalistik kepada siswa SMP dan SMK yang diharapkan dapat memicu kreatifitas siswa dalam membuat berita kegiatan di sekolahnya.

YPA-MDR memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Guru yang terus memberikan waktu, tenaga dan pemikirannya untuk kemajuan dan peningkatan peserta didik, generasi penerus Bangsa.

YPA-MDR memohon dukungan dari semua pihak yang terkait agar cita-cita luhur untuk menjadikan generasi muda yang mandiri dan mampu membangun daerahnya bisa terwujud. Sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”. Astra ingin terus berkontribusi untuk bangsa dan negara sebagaimana cita-cita para pendirinya, “Sejahtera Bersama Bangsa”.
YPA-MDR berterima kasih atas dukungan berbagai pihak yang turut mendukung kelancaran acara ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement