Advertisement

Ada yang Spesial saat Jamnas Sekami 2023 Digelar, Apa Itu?

Media Digital
Rabu, 05 Juli 2023 - 14:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Ada yang Spesial saat Jamnas Sekami 2023 Digelar, Apa Itu? Pembukaan Jambore Nasional Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner Indonesia (Jamnas Sekami) dilakukan dengan misa yang berlangsung di GOR Seminari Menengah Santo Petrus Canisius, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Selasa (4/7 - 2023). Ist

Advertisement

MAGELANG—Ada yang baru dalam kegiatan Jambore Nasional Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner Indonesia (Jamnas Sekami) yang berlangsung di Seminari Menengah Santo Petrus Canisius, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Selasa ( 4/7/2023) hingga Jumat (7/7/2023). Kegiatan yang baru dalam Jamnas Sekami ini adalah Kunjungan Misioner.

Jamnas Sekami ini diikuti 961 anak, remaja dan pendamping dari 35 Keuskupan di Indonesia. Pendamping ini juga meliputi rohani, yakni para suster, frater (imam) dan pastor. Kunjungan Misioner ini bertujuan memaknai kebhinekaan untuk peserta Jamnas Sekami.

Advertisement

Dalam penjelasannya kepada wartawan di Seminari Mertoyudan, Selasa (4/7/2023), Ketua Panitia Pengarah Jamnas Sekami, Romo P Junarto Timbang mengatakan, untuk kunjungan misioner ini peserta akan diajak ke sejumlah tempat ibadah di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang pada Kamis (6/7/2023). Nantinya di setiap tempat ada sekitar 100 peserta yang ikut.

"Tempat yang dikunjungi adalah Pondok Pesantren Nurul Falah di Muntilan, Griya Vipassana Avalokitesvara, Bojong, Mendut, Mungkid, Pura Wira Bhuana di Kompleks Akmil Magelang, Klenteng Hok Ang Kiong Muntilan, GKJ Magelang. Selain itu juga ke Museum Misi Pusat Animasi Misioner Muntilan Wisma Salam di Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Komunitas Tuk Mancur di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Sanggar Bangun Budaya di Desa Sumber, Kecamatan Dukun dan Panti Lansia Santa Monika Boro, Kabupaten Kulonprogo, DIY," kata Romo P Junarto.

Jamnas Sekami di Seminari Mertoyudan tersebut merupakan jamnas ketiga kalinya. Sebelumnya pada pada 2013 lalu, Jamnas Sekami pertama kali dilaksanakan di Palasari Bali, Keuskupan Denpasar. Lalu, selang lima tahun kemudian, tepatnya di tahun 2018 lalu, kedua kalinya diselenggarakan Pontianak, Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

Jamnas Sekami dilaksanakan sebagai rangkaian memperingati perayaan agung ulang tahun ke-180 Sekami. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatnya wawasan para remaja katolik dan pendampingnya, tentang hakikat gereja ialah diutus untuk mewartakan sukacita Injil.

"Kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan rasa bangga dan bahagia pada diri remaja dan pendamping yang hidup dalam kebhinekaan. Selain itu, juga untuk mengobarkan semangat misioner pada diri remaja dan pendamping sehingga semakin bersahabat dan terlibat untuk menjadi berkat dalam situasi apa pun,”ujarnya.

Direktur Nasional Karya Keuskupan Indonesia, Romo Markus Nur Widipranoto Pr menambahkan, Seminari Menengah Santo Petrus Canisius Mertoyudan dipilih sebagai tempat Jamnas Sekami 2023 karena letaknya yang strategis, yaitu di pinggir jalan Jogja - Magelang. Selain tempat ini juga sangat representatif dan luas sehingga bisa menampung banyak peserta.

"Keuskupan Agung Semarang memilih lokasi pelaksanaan Jamnas Sekami ini di Seminari Menengah Santo Petrus Canisius Mertoyudan. Salah satu harapannya, bisa menjadi panggilan menjadi imam ( pastor) bagi para peserta yang datang dari seluruh Indonesia. Apalagi, panggilan menjadi imam pada beberapa tahun ini mengalami penurunan,” ujarnya.

Ditambahkan Romo Markus Nur Widipranoto, selama pelaksanaan Jamnas Sekami tersebut, para peserta akan digabungkan ke dalam kelompok-kelompok kecil. Tiap kelompok yang beranggotakan sekitar 25 orang ini akan menjalani live in bersama selama kegiatan jamnas, seperti hidup dalam sebuah keluarga.
Selain Jamnas, diharapkan juga ada jambore keuskupan dan jambore regional. Jamnas Sekami ini dibuka dnegan perayaan ekaristi yang akan diikuti oleh semua peserta jamnas. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hari Buruh 2024, Bupati Bantul: Momentum Membangun Hubungan Industrial yang Harmonis

Bantul
| Rabu, 01 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement