Jokowi Ingin Tiru Amerika Serikat dalam Menyederhanakan Regulasi

Presiden Joko Widodo - Antara/Akbar Nugroho Gumay
11 November 2019 23:57 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo ingin meniru langkah Pemerintah Amerika Serikat dalam menyederhanakan regulasi.

Dalam pengantarnya saat rapat terbatas Program Cipta Lapangan Kerja di Kantor Presiden, Senin (11/11/2019), dia mengungkapkan pentingnya melakukan perbaikan ekosistem regulasi di Indonesia.

"Perlu saya informasikan bahwa di AS [Amerika Serikat] kemarin Secretary [Wilbur] Ross bercerita kepada saya disana sekarang kalau ada menteri ingin mengeluarkan satu permen [peraturan menteri] dia harus mencabut dua permen," katanya.

 Jika mengacu pada AS, Jokowi menekankan para menteri di Indonesia setidaknya harus mencabut 40 permen ketika ingin menerbitkan satu permen karena kuantitas regulasi sudah sangat banyak.

Selain itu, dia juga menambahkan reformasi birokrasi harus terus dijalankan untuk menjawab hambatan-hambatan investasi yang seringkali dihadapi oleh pengusaha.

"Yan berkaitan dengan kecepatan, yang berkaitan dengan sumbatan. Oleh karena itu, reformasi birokrasi harus dilakukan besar-besaran, paralel dengan pemangkasan regulasi yang ada," tekannya.

Reformasi birokrasi itu diakuinya juga harus mengubah cara kerja yang manual atau analog ke cara-cara kerja digital, dan mengubah pola pikir pejabat publik dari dilayani menjadi melayani.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia