Kastil Terkemuka di Jepang Ini Dilalap Si Jago Merah

Warga melihat kepulan asap dari kebakaran di Kastil Shuri, Naha, Jepang, Kamis (31/10/2019). Kastil tersebut merupakan salah satu situs Warisan Dunia. - Kohayakawa Wataru/AFLO via Reuters
31 Oktober 2019 13:07 WIB Annisa Margrit News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Situs Warisan Dunia di Pulau Okinawa, Jepang, Kastil Shuri, hancur karena kebakaran yang terjadi sejak Kamis (31/10/2019) dini hari.

Dilansir dari Reuters, kastil tersebut dibangun lebih dari 500 tahun lalu untuk dijadikan istana Kerajaan Ryukyu. Saat ini, kastil itu tengah menggelar festival pertengahan musim gugur.

Stasiun televisi NHK melaporkan pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api pada pagi ini. Laporan pertama terkait kebakaran tersebut pertama kali diterima sekitar pukul 2.47 waktu setempat.

Bagian kastil yang hangus terbakar mencakup aula utama, aula utara, dan aula selatan.

Kastil Shuri berada di atas bukit yang menghadap Kota Naha dan dikelilingi tembok batu. Kastil tersebut dijadwalkan menjadi salah satu perhentian dalam rute kirab obor Olimpiade Tokyo 2020.

Namun, ini bukanlah pertama kalinya Kastil Shuri terbakar. Terakhir kali insiden serupa terjadi pada 1945, saat Pertempuran Okinawa, tapi kemudian dibangun kembali.

Kastil Shuri dibuka sebagai taman nasional pada 1992, setelah direstorasi, dan diresmikan sebagai situs Warisan Dunia pada 2000.

Sumber : Reuters/bisnis.com