Advertisement

Jokowi Ungkapkan Alasan Pilih Sosok Militer Menjadi Menteri Agama

Amanda Kusumawardhani
Kamis, 24 Oktober 2019 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Ungkapkan Alasan Pilih Sosok Militer Menjadi Menteri Agama Menteri Agama Fachrul Razi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengaku memilih Fachrul Razi sebagai Menteri Agama untuk mengatasi radikalisme dan intoleransi.

Jokowi menyebut pemilihan menteri agama dari kalangan militer bukanlah hal baru. Dua mantan perwira tinggi TNI yakni Alamsyah Ratu Perwiranegara dan Tarmizi Taher tercatat pernah menjabat sebagai menteri agama pada masa Orde Baru.

Advertisement

"Kita ingin berkaitan dengan radikalisme, berkaitan intoleransi itu betul-betul secara konkret bisa dilakukan oleh Kemenag [Kementerian Agama]. Tapi termasuk di dalamnya adalah nanti perbaikan kualitas pelayanan haji," kata dia di Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019).

Dengan dipilihnya Fachrul yang pernah menjabat Wakil Panglima TNI ini, dia berharap Menteri Agama bisa berbicara banyak mengenai toleransi karena Fachrul dinilainya memiliki pengalaman yang banyak di lapangan.

Mengenai perlu atau tidaknya ada penambahan wakil menteri untuk menteri agama, dia menyatakan semuanya tergantung pada menteri bersangkutan.

Pemilihan Fachrul sebagai menteri agama juga mengundang kekecewaan oleh Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) karena dianggap tidak memiliki latar belakang dari kalangan keagamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement