Banjarnegara Diprediksi Hujan Sepekan ke Depan

Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan
18 Oktober 2019 00:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BANJARNEGARA--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah berpeluang hujan hingga sepekan ke depan.

"Ada potensi hujan di Banjarnegara pada Jumat (18/10) hingga sepekan ke depan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Kamis (17/10/2019).

Dia mengatakan, peluang hujan di wilayah setempat masih bersifat lokal dengan intensitas yang rendah. Dia menambahkan, BMKG memprakirakan Kabupaten Banjarnegara pada saat ini mulai memasuki awal musim penghujan.

"Sebagian Banjarnegara mulai memasuki awal musim penghujan pada Oktober dasarian dua namun ada juga sebagian wilayah yang baru akan mulai memasuki awal musim penghujan pada Oktober dasarian tiga," katanya.

Sementara itu, dia menambahkan bahwa pada Jumat (18/10) seluruh wilayah di Banjarnegara diprakirakan memiliki peluang hujan pada sore hingga malam hari. "Sebagian besar berpeluang hujan pada malam hari dengan intensitas rendah dan bersifat lokal," katanya.

Sementara pada Jumat (18/10) pagi, kata dia, seluruh wilayah di Banjarnegara diprakirakan cerah berawan. Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah, terus mengintensifkan distribusi air bersih ke wilayah kekeringan menyusul masih tingginya permintaan dari masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan hingga saat ini ada 10 kecamatan yang terdampak kekeringan dan mengalami krisis air bersih.

Sepuluh kecamatan tersebut antara lain, Madukara, Banjarnegara, Pagedongan, Bawang, Punggelan, Purwanegara, Susukan, Wanadadi, Purwareja Klampok, dan Mandiraja.

Sumber : Antara