Apindo Ingin Pengusaha Masuk Kabinet Jokowi Jilid II

Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari
16 Oktober 2019 10:37 WIB Rezha Hadyan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo diharapkan memberi kesempatan kepada pengusaha untuk menduduki kursi menteri atau kepala lembaga yang terkait dengan bidang ekonomi dan investasi. Harapan tersebut disampaikan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo)

Direktur Eksekutif Apindo Danang Girindrawardana menyebutpengusaha layak mengisi jabatan menteri atau kepala lembaga yang berkaitan dengan ekonomi dan investasi lantaran memahami seluk beluk dunia bisnis, termasuk diantaranya kendala dan potensi.

"Kami ingin empat atau lima kementerian dan lembaga [yang terkait dengan ekonomi dan investasi] itu ada unsur dari dunia usaha katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Danang tak memberikan perincian kementerian-kementerian apa saja yang dianggap tepat dipimpin oleh kalangan pengusaha. Namun yang jelas dia menyebut, apabila beberapa kementerian tersebut di isi dari dunia usaha maka berbagai regulasi atau masalah perizinan yang menyangkut dunia usaha dapat dengan mudah dituntaskan.

"Mereka yang punya latar belakang dari dunia usaha [juga] dapat menentukan aturan yang perlu diterbitkan atau dicabut untuk kelancaran investasi," tegasnya.

Danang menilai pemerintahan Presiden Jokowi jilid pertama yang akan segera berakhir dalam waktu dekat memiliki catatan buruk yakni gagal memacu ekonomi sesuai janji awal sebesar  7%. Diisinya jabatan menteri atau kepala lembaga yang berkaitan dengan ekonomi dan investasi merupakan salah satu langkah yang dapat diambil untuk merealisasikan janji tersebut pada pemerintahan jilid keduanya.

"Agar pertumbuhan tinggi, maka dunia bisnis harus dirangsang dengan kemudahan aturan," pungkasnya.

Terkait dengan nama-nama pengusaha yang berpeluang menduduki kursi menteri atau kepala kementerian dan lembaga terkait dengan ekonomi dan investasi, hingga kini kabar yang santer beredar adalah Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamdani dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sempat beseloroh bahwa Rosan Perkasa Roeslani sedang menunggu jabatan di pemerintahan

"Pak Rosan ini seminggu lagi kita nantikan posisinya," ujar Airlangga menyampaikan sambutan dalam acara bedah buku karyanya "Merajut Asa" di kantor Kementerian Perindustrian, Senin (14/10/2019).

https://www.youtube.com/watch?v=5ws6uBtBaMU

Sumber : Bisnis.com