Advertisement

Calon Ibu Kota Baru, Dipasangi 1.500 Lampu Penerangan Jalan

Newswire
Kamis, 26 September 2019 - 02:17 WIB
Sunartono
Calon Ibu Kota Baru, Dipasangi 1.500 Lampu Penerangan Jalan Gagasan rencana dan kriteria disain ibu kota negara. - ANTARA/Paparan Kementerian PUPR

Advertisement

Harianjogja.com, PENAJAM--Sebanyak 1.500 lampu penerangan jalan lingkungan (PJL) bantuan Pemerintah Pusat melalui program Terang Desa dipasang di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, calon ibu kota negara baru di Provinsi Kalimantan Timur.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad Usman mengatakan, lampu PJL diutamakan dipasang di daerah yang rawan terjadi kecelakaan.

Advertisement

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengutamakan daerah rawan kecelakaan untuk pemasangan bantuan lampu penerangan jalan lingkungan dari program Terang Desa yang digagas Presiden Joko Widodo pada tahun ini.

Total bantuan lampu penerangan jalan lingkungan yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 1.500 lampu PJL.

Lampu tenaga surya (solar cell) tersebut menurut Ahmad Usman, diutamakan untuk di lingkungan tempat ibadah, rawan kecelakaan serta jalur padat penduduk.

"Sebanyak 1.500 titik di empat kecamatan mendapat jatah lampu PJL, yang akan diutamakan dipasang di lingkungan rawan kecelakaan dan jalur padat, serta lingkungan tempat ibadah," jelasnya dikutip Antara, Rabu (25/9/2019).

Empat kecamatan masing-masimg mendapatkan kuota lampu penerangan jalan lingkungan yakni, 525 titik di Kecamatan Penajam, Kecamatan Waru, 250 titik, Kecamatan Babulu 300 titik dan 375 titik di Kecamatan Sepaku.

Pemasangan lampu penerangan jalan lingkungan di empat kecamatan tersebut jelas Ahmad Usman, ditargetkan rampung pada Februari 2020.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga mendapat bantuan 1.000 lampu tenaga surya dari pemerintah pusat untuk rumah-rumah warga di daerah itu.

"Rumah-rumah warga yang belum mendapat aliran daya listrik dari PLN, akan dipasangi lampu tenaga surya bantuan dari Pemerintah Pusat," ungkap Ahmad Usman.

Program Desa Terang adalah pemasangan lampu-lampu penerangan jalan lingkungan dan lampu rumah dengan tenaga surya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement