Advertisement

Batik Tulis Dibakar, Akademisi: Berpotensi Timbulkan Konflik Horisontal Lebih Luas

Newswire
Sabtu, 21 September 2019 - 21:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Batik Tulis Dibakar, Akademisi: Berpotensi Timbulkan Konflik Horisontal Lebih Luas Ilustrasi pembuatan batik. - IST/Humas UMY

Advertisement

Harianjogja.com, PAMEKASAN - Kasus pembakaran batik tulis oleh sekelompok orang saat berunjuk rasa di kantor pemkab setempat beberapa hari lalu, berpotensi menimbulkan konflik horizontal yang lebih luas. Hal tersebut disampaikan oleh akademisi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Abd Hanan. 

"Ini terjadi, karena batik tulis itu merupakan hasil sebuah karya," kata dosen ilmu sosiologi ini di Pamekasan, Sabtu (21/9/2019). 

Advertisement

Membakar hasil sebuah karya seni, menurut dia, berpotensi menimbulkan persepsi publik, bahwa pelaku telah melecehkan hasil karya seni perajin batik tulis para perajin batik di Pamekasan.

Alumni magister FISIP Unair jurusan sosiologi ini selanjutnya menyarankan pihak-pihak berwenang hendaknya segera melakukan pencegahan dini, agar kasus itu tidak meluas, apalagi hingga terjadi benturan antara para perajin batik yang merasa hasil karyanya dilecehkan dengan kelompok orang yang melakukan pembakaran batik tulis tersebut.

"Konflik itu kan sebenarnya persinggungan kepentingan, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya. Makna kepentingan ini bisa beragam, namun secara umum selalu memuat dua hal, yakni kekuasaan dan material," urai Hannan.

"Saya kira jika ditanya, apakah pembakaran batik ini akan menuai konflik, saya rasa jawabannya, iya. Karena walau bagaimana pun, batik selain merupakan komoditas ekonomi lokal, lebih penting dari merupakan salah satu nilai kearifan lokal masyarakat," katanya, menegaskan.

Hannan yang juga mengaku bangga dengan batik tulis Pamekasan dan kini sudah banyak dikenal di luas daerah ini menyatakan, motif batik tulis "Sekar Jagat" yang dibakar oleh sekelompok orang saat berunjuk rasa di kantor Pemkab Pamekasan itu merupakan ciri khas masyarakat setempat.

"Maka, secara sosiologis, hal-hal yang berkenaan dengan nilai-nilai lokalitas, jika itu diganggu, katakanlah dibakar, tentu akan mengundang reaksi dari masyarakat. Terutama mereka yang selama ini bergelut dalam dunia kreativitas batik," katanya.

Sebelumnya, pada 18 September 2019 sekelompok orang berunjuk rasa ke kantor Pemkab Pamekasan dan membakar batik tulis motif "Sekar Jagad" karena kelompok ini mengaku kecewa atas murahnya harga beli tembakau petani.

Pengunjuk rasa membakar batik tulis itu, karena batik "Sekar Jagad" digunakan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja'e saat mencalonkan diri sebagai padangan Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan pada Pilkada 2018 hingga akhirnya terpilih sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan Periode 2019-2024.

Namun, aksi bakar batik pengunjuk rasa ini justru melukai perasaan para perajin batik tulis di Kabupaten Pamekasan dan mereka menilai, aksi itu merupakan bentuk penghinaan terhadap hasil karya seni, apalagi batik motif "Sekar Jagad" yang merupakan batik kebanggaan masyarakat Pamekasan.

"Kalau kecewa terhadap harga tembakau seharusnya mereka membakar tembakau bukan batik tulis yang merupakan hasil karya seni perajin batik tulis di Pamekasan," kata Sekretaris Asosiasi Perajin Batik Tulis dan Bordir Pamekasan Ahmadi kepada ANTARA di Pamekasan, Sabtu sore.

Kasus pembakaran batik oleh pengunjuk rasa beberapa hari lalu, menurut dia, merupakan bentuk tindakan yang memancing emosi perajin, sehingga akan membuka ruang konflik antara para perajin batik dengan sekelompok orang yang berunjuk rasa itu.

Terkait pernyataan pengunjuk rasa bahwa pembakaran itu dimaksudkan sebagai bentuk protes pada Baddrut Tamam karena motif batik tersebut digunakan sebagai seragam yang bersangkutan, Ahmadi dan para perajin batik lainnya menyatakan, bahwa batik "Sekar Jagad" lebih dulu dibanding bupati.

Sehingga, pembakaran batik tulis oleh pengunjuk rasa itu, tetap melukai perasaan para perajin batik di Kabupaten Pamekasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement